Menu

Pemotongan Hewan Kurban Diprediksi Meningkat di Agam

  Dibaca : 62 kali
Pemotongan Hewan Kurban Diprediksi Meningkat di Agam
HEWAN KURBAN— Di masa pademi tahun 2021 ini pemotongan hewan kurban diperkirakan bakal meningkat jika dibandingkan tahun lalu.

AGAM, METRO–Di masa pademi Covid-19 ini Dinas Pertanian (Dispertan) Kabu­paten Agam memprediksi pemo­tongan hewan kurban di masa pademi Idul Adha 1442 Hijriah meningkat dibanding tahun lalu.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Per­tanian Kabupaten Agam, Iswan Hendri, Rabu (14/7) mengatakan, pemotongan hewan kurban jenis sapi dan kerbau tahun ini diprediksi 5.575 ekor, meningkat dibanding 2020 yang hanya sebanyak 5.414 ekor.

Sedangkan pemotongan kam­bing tahun ini diprediksi 343 ekor, meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 195 ekor. “Data ini kita peroleh dari panitia kurban dise­luruh kecamatan,” ujar Iswan.

Hal ini, menurutnya, mem­buk­tikan perekonomian masyarakat mulai membaik, meski kondisi se­karang masih pandemi Covid-19. “Setiap kecamatan peningkatan pemotongan hewan kurbannya bervariasi, ada yang meningkat di sapi dan kerbau, ada juga me­ningkat di kambing, bahkan juga ada me­ning­kat keduanya,” terang Is­wan.

Dikatakan, tidak tertutup ke­mung­kinan peningkatan pemo­tongan hewan kurban ini terus terjadi, karena masih ada waktu beberapa hari jelang hari raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Untuk memastikan hewan kur­ban yang akan dipotong sesuai kaidah agama dan UU, Dinas Perta­nian akan menurunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan, karena hewan yang akan disem­belih selain sehat juga harus cukup umur dan tidak cacat.

“Pemeriksaan dilakukan mulai H-3 sampai H+2 pemotongan, bah­kan kini sudah ada panitia kurban untuk melakukan pemeriksaan. Ini supaya dapat memastikan daging yang akan dikonsumsi masyarakat Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH),” terang Iswan. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional