Close

Pemko Teken MoU dengan PN Kelas 1A Padang, Aplikasi Si Jempol, Pelayanan Peradilan makin Cepat dan Mudah

KERJA SAMA— Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Ketua PN Padang Kelas 1A Yuzaida bersama jajaran berfoto bersama usai penandatangan MoU tentang Sistem Kerjasama Pelayanan Peradilan Cepat dan Biaya Ringan Online atau yang dikenal dengan “Si Jempol, di Lantai III kantor PN Padang, Rabu (24/11).

KHATIB, METRO–Pemerintah Kota Pa­dang dan Pengadilan Ne­geri (PN) Kelas 1A Padang sepakat menjalin kesepa­haman kerja tentang Sis­tem Kerja­sama Pelayanan Peradilan Cepat dan Biaya Ringan Online atau yang dikenal dengan “Si Jem­pol”. Penandatangan ker­jasama atau Memorandum of Understanding (MoU) ter­sebut dilakukan Wali Kota Padang Hendri Septa ber­sama Ketua PN Kelas 1A Yuzaida di Lantai III kantor PN Padang, Rabu (24/11) pagi.

Wali Kota Hendri Septa menyampaikan, atas na­ma pemerintah kota dan warga Kota Padang memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas inovasi yang terus dilahirkan PN Kelas 1A Pa­dang dalam peningkatan la­ya­nan kepada ma­sya­rakat.

“Alhamdulillah hari ini telah kita lakukan penandatanganan kerjasama dengan PN Kelas 1A Padang terkait penerapan aplikasi Si Jempol yang intinya bertujuan memudahkan ma­sya­rakat dalam melengkapi persyaratan peradilan yang dibutuhkan secara online. Masyarakat tinggal mendatangi PN Kelas 1A Padang pas waktu sidang saja dan ini sangat membantu tentunya,” ungkapnya.

Ia mengatakan inovasi Si Jempol dari PN Kelas 1A Padang tersebut sejalan dengan upaya Pemko Pa­dang yang terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan publik di semua lini. Di­mana hal ini tercantum dalam misi ke-7 Wali Kota Pa­dang yakni, “Meningkatkan Kualitas Tata Kelola Peme­rintahan yang Bersih dan Pelayanan Publik yang Pri­ma”.

“Maka itu kepada OPD terkait serta para Camat dan Lurah saya harapkan bisa mendukung secara optimal pelaksanaan kerja sama ini di samping me­la­kukan monitoring dan evaluasi. Mulai dari tahap sosialisasi kepada masya­ra­kat, hingga mendukung dalam pemanfaatan sarana-prasarana yang dimiliki untuk mengoperasikan aplikasi Si Jempol tersebut,” harap Wako Hendri.

Sementara itu Ketua PN Kelas 1A Padang Yuzaida mengungkapkan, lewat aplikasi Si Jempol, diharapkan memudahkan masya­rakat dalam melengkapi per­syaratan peradilan yang dibutuhkan. Ia pun bersyukur dan berterima kasih kepada Pemko Pa­dang yang menyambut po­sitif kerja sama untuk pengoperasian aplikasi tersebut kepada masyarakat.

“Lewat aplikasi Si Jempol ini masyarakat seka­rang sudah bisa mendaftar dan melakukan urusan administrasinya secara online. Tinggal pas sidang saja ke kantor PN. Kita berterima kasih sekali kepada Pemko Padang yang sepakat melakukan kerja sama hari ini. Dimana Pemko Padang melalui OPD terkait seperti Disdukcapil, Diskominfo, Bapenda serta kecamatan dan kelurahan se-Kota Padang dalam nota kesepakatan yang ditandatangani siap mendukung penerapan Si Jempol bagi masyarakat,” pungkasnya didampingi Wakil Ketua Supriyatna Rahmat beserta sejumlah Hakim, Panitera.

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Wali Kota Padang diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi, Kabag Kerjasama Erwin M, Kabag Pemerintahan Ances Kurniawan serta para camat dan perwakilan OPD terkait di Pem­ko Padang. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top