Close

Pemko Solok Serius Perhatikan Nilai-nilai Adat dan Budaya

PIDATO— Arisan pidato adat sebagai bentuk pelestarian budaya adat Minangkabau.

SOLOK, METRO–Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra menegaskan Pemerintah Kota (Pemko) Solok sangat serius dalam memberikan perhatian dalam pelestarian nilai-nilai adat dan budaya yang menjadi kearifan lokal masyarakat Kota Solok. Salah satunya terlihat dari setiap kesempatan pelaksanaan kegiatan pang­guang pidato adat senantiasa menjadi perhatian pemerintah daerah.

Ketika Ramadhani Kirana Putra hadir dalam ari­san pangguang pidato adat se-Kota Solok, yang digelar di Mushalla Al Firdaus Gawan Kelurahan Tanah Garam, kemarin menyampaikan bahwa pangguang pidato adat merupakan program kolaborasi pemerintah dengan para gu­ru dan pengurus pangguang pidato.

“Salah satu upaya dari Pemerintah Kota Solok dalam mewujudkan kehidupan bermasyarakat berlandaskan dengan ABS-SBK “syara’ mangato adaik mamakai” salah satunya melalui penguatan peran kelembagaan ada dengan menggiatkan Panggung pidato” ujar Ramadhani.

Ramadhani menyebutkan, di samping menjadi sarana penanaman nilai adat dan budaya, bahwa didalam panggung pidato juga terkandung nilai-nilai agama serta kehidupan bermasyarakat. Oleh karena pemerintah kota solok akan berupaya memberikan perhatian lebih untuk pelestariannya.

Sebetulnya dengan u­paya pelestarian budaya, selain lebih memperkenalkan kepada generasi mu­da, juga menjadi pendo­rong sektor pariwisata. Setidaknya ada yang dapat disajikan kepada pengunjung yang datang ke kota Solok. ” Pemerintah daerah terus berupaya mendorong para penggiat budaya agar budaya ma­syarakat tetap dikenal dan bertahan dari generasi ke generasi. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top