Menu

Pemko Solok Raih Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Madya, Anak-Anak harus Dapatkan Kesempatan Luas 

  Dibaca : 100 kali
Pemko Solok Raih Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Madya, Anak-Anak harus Dapatkan Kesempatan Luas 
Wakil Wali Kota Solok Rahmadhani Kirana Putra saat melakukan Vidcon dalam rangka menerima penghargaan KLA.

Kalangan anak-a­nak harus mendapatkan kesempatan seluas-luas­nya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental mau­pun sosialnya. Hal tersebut disadari betul Pemerintah Kota Solok.  Bahkan daerah berjuluk Kota Beras Serambi Ma­dinah itu terus berupaya mewujudkan diri sebagai Kota Layak Anak. Sejum­lah langkah percepatan sudah dilakukan.

Atas upaya dan ko­mitmen yang dibangun, tahun ini Pemerintahan Kota Solok menerima peng­hargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Madya. Penghargaan KLA ter­se­but, diserahkan secara virtual oleh Menteri Pem­berdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan diterima oleh Wakil Wali Kota Solok, Rahmadhani Kirana Putra.

Dalam kesempatan itu turut hadir, Ketua GOW Kota Solok Ny.Dona Ra­madhani Kirana Putra, Ketua Dharma Wanita Kota Solok Ny.Rida Syaiful A, Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Kota Solok Jonnedi, Kepala Dinas Pemberdayaan Pe­rempuan dan Perlin­du­ngan Anak Kota Solok Delfianto, OPD terkait serta Forum Anak Kota Solok.

Sebetulnya, upaya per­cepatan terwujudnya Kota Layak Anak , Pemerintah Kota Solok telah ber­ko­mitmen. Hal ini terlihat dalam menyusun prog­ram pembangunan dan kegiatan, terutama di OPD terkait. Hal ini tampak dari proses perencanaan dan pelaksana berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak. Konsep itu menjadi acuan bagi Pemko Solok dalam menjalankan pem­bangunan.

“Tentu kita juga ber­harap, dengan upaya yang dilakukan menjadikan Ko­ta Solok sebagai daerah yang ramah terhadap a­nak sehingga lahir gene­rasi-generasi unggul yang akan menjadi penerus kedepannya,” papar Rah­madhani.

Rahmadhani juga ber­harap, dengan penghar­gaan yang diraih tersebut dapat memberikan man­faat yang besar dan me­motivasi semua pihak untuk memastikan hak-hak anak dapat terpenuhi di Kota Solok .Semoga ini juga menjadi acuan dalam membangun komitmen bagi para pembuat kebi­jakan dalam menyusun program, sehingga ke­depannya Kota Solok me­nuju Kota Layak Anak ini dapat dipertahankan.

Penghargaan KLA ini merupakan sebuah ca­paian prestasi yang cukup baik bagi Kota Solok. Mu­dah-mudahan, lanjut Ra­madhani tahun berikutnya Kota Solok akan dapat naik ke peringkat Nindya, Uta­ma serta akan menjadi Kota Layak Anak. “Teri­makasih kepada OPD dan unsur terkait yang telah berjuang selama ini. Kede­pannya, kita akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masya­rakat kita, serta selalu memperhatikan fasilitas dan infrastruktur yang ramah anak,” tambahnya.

Menurut Rahmadhani, sesuai harapan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, dalam rangka mewu­jud­kan SDM berkualitas dan berdaya saing, semua pihak harus bersatu me­menuhi hak dan perlin­dungan khusus anak. Da­lam pemenuhan tersebut, ada empat hak utama a­nak, yakni hak hidup, hak tumbuh berkembang, hak mendapatkan perlin­du­ngan dan hak partisipasi. KLA ialah sistem pem­bangunan berbasis anak, terencana secara menye­luruh dan berkelanjutan yang ditujukan untuk Per­lin­dungan khusus anak.

Dan penghargaan KLA ini jelas jelas diberikan kepada daerah yang ber­komitmen tinggi dalam memberikan hak dan per­lindungan khusus anak. Ada beberapa kategori, yakni Kategori Pratama, Kategori Madya, Kategori Nindya, kategori Utama yang tujuan akhirnya hak hak dan perlindungan ter­hadap anak benar benar terujud. “Dengan capaian ini, kami berikan apresiasi setinggi-tingginya ke­pada setiap daerah atas ker­jasama selama ini. Se­moga kedepan kita sema­kin maju dan selalu men­jaga daerah yang layak anak,” ujar I Gusti Ayu Bintang Darmawati. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional