Menu

Pemko Solok Raih Opini WTP Empat Kali Beruntun

  Dibaca : 539 kali
Pemko Solok Raih Opini WTP Empat Kali Beruntun
MENANDATANGANI— Wali Kota Solok, Zul Elfian menandatangani berita acara penerimaan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap LKPD tahun 2019 dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat.

Komitmen dan kerja keras dalam mengelola keuangan daerah, kembali dibuktikan dengan penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI yang kembali diraih Pemerintahan Kota (Pemko) Solok.

Penghargaan Opini WTP Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 Kota Solok, diserahkan oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumatra Barat Yusna Dewi kepada Wali Kota Solok H Zul Elfian secara virtual di E-Gov Monitoring Room Balaikota Solok, Kamis (25/6).

Meski diterima secara virtual, namun Zul Elfian menyampaikan tidak mengurangi arti dari sebuah kerja keras seluruh aparatur pemerintah di lingkungan Pemko Solok atas penilaian yang diraih.

“Penghargaan WTP ini tentunya merupakan salah satu bentuk komitmen yang tinggi dari Pemko Solok dalam mengelola keuangan secara baik dan profesional,” ujar Zul Elfian.

Usai menerima laporan hasil pemeriksaan keuangan, Zul Elfian juga memberikan apresiasi yang tinggi pada seluruh jajaran aparatur dilingkungan Pemko Solok yang telah bekerja keras guna mewujudkan pemerintahan yang bersih.

Menyadari Tanpa adanya sinergitas dan kerjasama yang tercipta dengan baik antar seluruh aparatur pemerintahan yang ada dilingkungan Pemko Solok, keberhasilan Pemko Solok dalam meraih WTP jelas sulit akan terujud. Boleh jadi penghargaan yang diterima Wali Kota Solok ini, merupakan buah dari kerja keras dan disiplin yang tinggi seorang pemimpin dalam menerapkan sistim pengelolaan pemerintah sesuai aturan yang berlaku.

Penghargaan WTP ini diraih setelah BPK RI memeriksa Laporan Keuangan Daerah Kota Solok tahun 2019. Komitmen dan kerja keras seluruh jajaran Pemko Solok dalam memastikan pelaksanaan APBD benar-benar sesuai perundang-undangan dan akuntabel, bisa jadi menjadi pendorong hasil yang diraih. Memang tidak mudah, karena standart akuntansi yang harus dan menjadi pedoman semakin berat.

Sesuai dengan peraturan perundangan yang mengatur tentang pelaporan keuangan yakni standar akuntansi pemerintahan (SAP) dan aturan lain yang menyertai. opini WTP ini juga menjadi target yang harus dicapai oleh Pemko Solok yang bertekad terus mempertahankan predikat ini setiap tahunnya.

Dalam kegiatan yang turut mendampingi Wakil Wali Kota Solok Reinier itu, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Yusna Dewi mengatakan, Kota Solok telah melaporkan LKPD pada tanggal 13 Maret 2020.

Namun karena keterbatasan dan pandemi Covid-19, pemeriksaan baru selesai dan diserahkan hasilnya hari ini. “Atas pemeriksaan yang telah dilakukan, Kota Solok mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” sebut Yusnadewi.

Atas prestasi ini Kota Solok agar terus mendorong pengelolaan keuangan dengan praktik pengelolaan keuangan yang baik. Selanjutnya segera memperhatikan tindak lanjut rekomendasi BPK.

Zul Elfian didampingi Reinier mengakui dalam LKPD ini masih ada kekurangan yang tentu akan menjadi perhatian demi hasil yang lebih baik.

“Opini WTP ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi kami untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi kedepannya. Insya Allah, catatan-catatan yang ada untuk kami, akan segera ditindak lanjuti,” sebut H.Zul Elfian

Atas hasil yang diraih, Zul Elfian juga mengungkapkan, peran DPRD Kota Solok sangat nyata mendorong pemerintah dalam menjalankan program dan kegiatan sesuai dengan aturan yang ada. Ucapan terimakasih kepada ketua DPRD Kota Solok dan jajaran yang telah mendukung Pemko Solok selama ini juga disampaikan Zul Elfian.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can juga mengucapkan terimakasih kepada BPK perwakilan sumbar yang telah melakukan pemeriksaan LKPD secara virtual.

“Alhamdulillah, Pemko Solok dan DPRD diberikan kepercayaan Opini WTP. Berkat kerjasama aparatur pemerintah, kami selaku fungsi pengawas selalu bersama menciptakan pengelolaan keuangan yang tertib dan baik,” tutup Yutris Can. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional