Close

Pemko Solok Gelar Lomba Cipta Menu B2SA, Dorong Masyarakat Mengolah Makanan secara Sehat dan Bergizi

TINJAU SEKOLAH— Wali Kota Solok Zul Elfian meninjau bangunan sekolah SD yg terbakar beberapa minggu lalu.

SOLOK, METRO–Pemko Solok melalui Dinas Pangan Kota Solok akan mengelar lomba cipta menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) Tingkat Kota Solok Tahun 2022. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi warga dalam mengolah makanan secara sehat dan bergizi.

Agar peserta lebih memahami, para peserta diberi bekal. Kegiatan sosialisasi ini menjelaskan tentang tata cara penghitungan menu B2SA, teknik pengolahan dan penyajian serta teknis pelaksanaan lomba dan pembagian nomor peserta lomba.

Plt. Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ade Kurniati mengatakan,  pelaksanaan Lomba Cipta Menu ini akan dilakukan bersamaan de­ngan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Solok pada tanggal 25 Juli 2022 mendatang.

“Penyelenggaraan Lomba Cipta Menu B2SA (khusus lunchbox B2SA) dilaksanaan oleh Dinas Pangan Kota Solok bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Solok,” katanya.

Sementara kata Ade Kur­niati, peserta lomba berasal  dari Tim Penggerak PKK kelurahan, dengan ketentuan masing-masing TP-PKK Kelurahan mengirim dua orang Pokja III TP-PKK Kelurahan.  “Juri lomba Cipta Menu B2SA sebanyak tiga orang yang berasal dari Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Chef Royal Asia Collage Padang, dan Dinas Kesehatan Kota Solok,” ujar Ade.

Ade Kurniati, S.Pt me­nyampaikan bahwa dalam rangka mendukung pelaksanaan lomba tersebut, konsumsi pangan yang bera­gam, bergizi, seimbang dan aman dengan memanfaatkan pangan lokal, menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari.

“Melalui lomba ini diharapkan mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pa­ngan yang sehat dan aman, dengan komposisi gizi yang seimbang,” terangnya.

Di samping pula untuk mem­berikan nilai ekonomis dan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pa­ngan lokal yang berkelanjutan.

“Lomba tersebut dilaksa­nakan dalam bentuk display paket lengkap makan siang/lunch­box B2SA dengan pangan pokok umbi-umbian, meliputi ubi kayu/singkong, ubi jalar, talas dan umbi lainnya. Apresiasi terhadap peserta diberikan piagam penghargaan dan uang tunai kepada juara I-III dan semua peserta lomba diberikan sertifikat penghargaan,” jelasnya.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan peserta memahami bagaimana menghitung kebutuhan menu keluarga dalam sehari dan menyajikan makanan yang menarik serta beragam, bergizi, se­imbang dan aman bagi keluarga. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top