Close

Pemko Solok Gelar Festival Bareh Solok 2022, Upaya Kreatif dan Inovatif Kembangkan Potensi Daerah

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra disambut dengan sirih dalam carano saat pembukaan Festival Bareh Solok.

SOLOK, METRO–Pemerintah Kota (Pemko) Solok terus berupaya memperkenalan potensi daerah, agar lebih dikenal masyarakat luar. Salah satunya dengan menciptakan kegiatan yang menarik bagi pengunjung yang datang ke Kota Solok salah satu cara memperkenalkan potensi daerah, terutama potensi pertanian bareh solok.

Festival Bareh Solok memang digadang gadang akan menjadi kegiatan yang mampu menarik perhatian pengunjung. Bahkan, melalui kegiatan ini pun banyak harapan yang lahir de­ngan tujuan Kota Solok layak menjadi daerah kunjungan wisata.

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra membuka langsung kegiatan Festival Bareh Solok di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Sabtu (12/3). Kegiatan ini cukup mendapat perhatian masyarakat, karena lantaran belakangan Kota Solok selalu berupaya menggali potensi daerahnya, meski terbilang kota kecil yang terdiri dari dua kecamatan saja.

Minimnya sumberdaya a­lam (SDA) dan tidak seperti daerah lain, Kota Solok dituntut harus kreatif dan inovatif untuk mengembangkan potensi dae­rah yang ada. Termasuk menggali potensi budaya masyarakat yang dapat diperkenalkan kepada masyarakat luar.

Dengan adanya daya tarik masyarakat untuk datang ke Kota Solok jelas akan membawa dampak bagi sektor perekonomian. Sehingga menurut Ramadhani masyarakat akan ikut merasakan dampak kegiatan tersebut, terutama di sisi pe­rekonomiannya. Kegiatan ini juga tak terlepas dari program Pemko Solok untuk meningkatkan perekonomian masya­rakat.

Turut hadir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solok, Kadis Pariwisata Provinsi Sumbar yang diwakili Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf, Mulyadi Yanis. Pejabat setempat yang tampak hadir, Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan Jefrizal, Kadis Pariwisata Kota Solok Elfi Basri, Ketua KAN Kota Solok, Ketua LKAAM Kota Solok dan Ketua Bundo Kanduang Kota Solok serta OPD terkait di lingkungan Pemko Solok.

Ramadhani dalam sambutannya mengatakan, festival Bareh Solok ini merupakan sa­lah satu upaya untuk lebih me­ngenalkan lagi Kota Solok kepada khalayak ramai. Festival Bareh Solok juga berguna untuk mengenang kembali kejayaan lagu ‘Bareh Solok’ yang sudah mendunia.

Lagu Bareh Solok ini sendiri diciptakan Nuskan Sjarif, mungkin belum banyak orang me­ngetahui siapa pencipta lagu legenda ini. Lebih lanjut, diri­nya mengatakan, Kota Solok selalu membuka diri untuk mengadakan iven-iven baik itu tingkat daerah, maupun tingkat nasio­nal.

“Pemko Solok menyambut baik kegiatan ini, semoga da­pat berlanjut ke tahun-tahun be­rikutnya. Yang lebih penting kegiatan ini membawa manfaat dengan target capaian yang terukur dan bukan sekedar seremoni saja, ” harap Ramadhani.

Selain itu tahun 2022 ini Kota Solok juga terpilih sebagai salah satu tuan rumah Kharisma E­vent Nusantara. Ini merupakan suatu wujud nyata bahwa Kota Solok memberikan perhatian terhadap kemajuan pariwisata dan budaya terutama di tingkat nasional. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top