Menu

Pemko Solok Fokus Tingkatkan PAD

  Dibaca : 169 kali
Pemko Solok Fokus Tingkatkan PAD
SERAHKAN CENDERA MATA— Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Solok Zulmiyetty menyerahkan cendera mata ketika berkunjung ke Kota Jambi, beberapa waktu lalu.

SOLOK, METRO
Tuntutan peningkatan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) semakin besar kepada OPD di lingkungan Pemko Solok. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya kewenangan pemerintah pusat yang dilimpahkan kepada daerah.

“Kebutuhan akan anggaran juga semakin meningkat, pasca banyak anggaran daerah dialihkan kepada penanganan virus corona (Covid-19). Sehingga mencari potensi PAD untuk digali menjadi sebuah tuntutan ke depan,” ujar Walikota Solok, Zul Elfian

Menurutnya, dana perimbangan yang merupakan dana transfer keuangan pusat kepada daerah pada akhir-akhir ini sudah semakin dinamis. Hal ini dapat dirasakan dari pelaksanaan anggaran yang harus dilakukan pengurangan dan penyisihan serta penangguhan dalam pelaksanaannya.

Saat ini terang Zul Elfian, daerah harus lebih kreatif dalam meningkatkan PAD agar dapat meningkatkan akuntabilitas dan keleluasaan dalam pembelanjaan APBD. Dengan demikian program dan kegiatan bisa dilakukan secara maksimal.

Ia menjelaskan, peningkatan penerimaan PAD menjadi fokus Pemko Solok tahun 2020. Sumber-sumber PAD baru harus dioptimalkan untuk memperkuat APBD Kota Solok ke depannya.

“Tidak dapat dipungkiri, sejauh ini ketergantungan daerah terhadap dana dari pusat dan dana dari provinsi sangatlah besar. PAD Kota Solok hanya menyumbang sebesar 7,5 persen dari total APBD,” tandasnya.

Zul Elfian menjelaskan, dari tahun ke tahun target PAD, khususnya dari sektor Pajak Daerah selalu naik. Sedangkan untuk optimalisasi penerimaan dari ekstensifikasi pajak sangat terbatas, sehingga perlu mengoptimalkan penerimaan dari intensifikasi pajak.

Untuk diketahui, dalam tiga tahun terakhir PAD Kota Solok ada peningkatan, meskipun tidak signifikan. Pada 2017 PAD Kota Solok Rp 41,6 miliar atau realisasinya 93 persen dari target, 2018 meski hanya 84 persen dari target tapi ada peningkatan dari sebelumnya yakni Rp 41,8 miliar, 2019 naik menjadi Rp 42,9 miliar atau 92 persen dari target.
Sedangkan untuk 2020 ini, Pemko Solok menargetkan PAD Rp 46 miliar.

Ia menyebutkan, salah satu yang membuat PAD Kota Solok selalu diatas 90 persen yakni pajak daerah yang selalu melampaui target. Dalam 3 tahun terakhir capaiannya selalu diatas 100 persen. Namun sebagai catatan dari sisi retribusi cukup rendah.

Sumber-sumber penerimaan daerah yang potensial harus digali dan dikembangkan secara maksimal. Namun perlu dicatat harus tetap dalam koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kondisi ini kata Zul Elfian, merupakan tantangan berat bagi Kota Solok. Sehingga ke depan perlu inovasi dan terobosan nyata dalam meningkatkan PAD Kota Solok.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can menyebut, untuk meningkatkan PAD, Pemko Solok harus mengembangkan dan menggali sumber pajak dari BPHTB, pajak penerangan jalan, dan pajak restoran.

Menurutnya, kalau pemerintah kota tidak mau berinovasi atau bekerja keras, dan selalu berharap menerima pendapatan sambil berpangku tangan seperti mengharapkan deviden dari pihak perbankan, maka selama itu pula peningkatan PAD tak berjalan maksimal. Padahal, fungsi PAD ini sangat besar dalam mendukung belanja daerah. “Pada masa sekarang, Pemko Solok harus memiliki kreatifitas, untuk meminimalisir kemungkinan berkurangnya PAD,” ujarnya.

Dalam hal ini ungkapnya, Pemko Solok harus melakukan kajian atau penelitian yang akan menghasilkan dokumen kajian pendapatan daerah. Perlu juga dibahas tentang peluang baru untuk menambah pendapatan daerah yang terkait dengan penyusunan laporan awal potensi pendapatan asli daerah, sehingga penelitian menghasilkan kajian pendapatan daerah.

“Permasalahan dalam peningkatan PAD harus segera dipecahkan, apalagi Kota Solok sumber PAD-nya hanya retribusi, pajak daerah, pajak hotel, pajak Restoran, parkir dan pajak reklame,” tutupnya. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional