Close

Pemko Solok Fokus Pembenahan Aliran Batang Lembang

PEMBANGUNAN BATANG LEMBANG— Salah satu lokasi bantaran aliran Batang Lembang yang telah dibenahi, menjadi salah satu fokus pembangunan Pemko Solok.

SOLOK, METRO–Selain untuk mencegah banjir, pembangunan dan pembenahan Batang Lembang di Kota Solok juga diharapkan untuk mempe­rindah wajah dan tata kota. Untuk itu, pembangunan dan pembenahan aliran Batang Lembang juga menjadi fo­kus pembangunan di Kota Solok.

Wali Kota Solok Zul Elfian menilai, Batang Lembang memiliki potensi besar da­lam menunjang sektor pariwisata di Kota Solok. Aliran sungai yang membelah Kota Solok sepanjang lebih ku­rang 10 Kilometer itu diyakini bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata su­ngai.

Kota Solok menurutnya, memang sedang menuju ke arah pengembangan pariwisata dan salah satunya pembenahan aliran BatangLembang untuk menunjang sektor pariwisata. Sehingga kedepannya, Batang Lembang tidak lagi menghantui masyarakat akan banjir, tapi sudah mendatangkan manfaat bagi masyarakat dan daerah.

Pengembangan kawa­san bantaran BatangLembang sebagai kawasan wisata juga sudah terlihat. Di­sejumlah titik meski belum seluruhnya, pembangunan laydam bantaran sungai sudah tampak selesai.  Namun diakui Zul Elfian masih panjang lagi bantaran Batang Lembang yang harus dibenahi. Dan itu jelas butuh dana.

Dalam pembenahan Batang Lembang, Zul Elfian juga sangat mengapresiasi dukungan dari pemerintah pusat dan Pemprov Sumbar yang mendorong pemba­ngunan Batang Lembang. Jika mempergunakan dana APBD, Tentunya Kota Solok akan kesulitan. Atas dasar kebutuhan, Pemerintah Kota Solok akan kembali melanjutkan proyek normalisasi Batang Lembang yang ma­sih terbengkalai. Terutama di kawasan lapangan Merdeka, Kelurahan VI Suku, yang masih terlihat rawan.

“Tahun kemarin, kita su­dah melakukan pemba­ngu­nan di satu sisi dan sudah bagus, dan tahun ini akan kita lanjutkan disisi yang lain, mudah-mudahan berjalan lancar seperti sebelumnya,” ujar Zul Elfian.

Kota Solok semenjak tahun 2018, 2019 dan 2020 selalu mendapat dana dari pusat dalam pengendalian banjir Sungai Batang Lembang. ini merupakan kerja keras pemerintah kota Solok yang gigih mengurus­nya ke pusat. Bberharap, betul-betul memanfaatkan bantuan yang diberikan secara maksimal sehingga membawa manfaat besar dalam pembangunan dae­rah. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top