Close

Pemko Solok Dorong Pengembangan Minyak Atsiri

Ramadhani Kirana Putra

SOLOK, METRO–Pemerintah Kota (Pemko) Solok terus mendorong pengembangan minyak Atsiri sebagai upaya me­ningkatkan perekonomian dan mengurangi angka kemiskinan. Diakui Wakil Wa­li­kota Solok, Rama­dhani Kirana Putra, pengemba­ngan minyak atsiri sereh wangi Kota Solok cukup terbuka lebar. Banyak pro­duk turunan yang bisa dihasilkan dan bernilai eko­nomi tinggi dalam membantu menggerakkan pere­konomian masyarakat.

“Kami siap mengakomodir aspirasi petani dan masyarakat demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan,” ujar Rama­dhani, Rabu (11/5).

Ramadhani juga meminta Dinas Pertanian kota Solok bisa memberikan harapan dan kebutuhan kalangan petani, untuk pengembangan pertanian kota Solok dan ditransformasikan dalam bentuk program nyata kedepannya.

Banyak jenis tanaman produktif yang bisa diusahakan oleh masyarakat dan meningkatkan eko­nomi. Upaya peningkatan kesejahteraan petani memang menjadi salah satu tanggungjawab pemerintah daerah. Pemko Solok melalui Dinas Pertanian terus memberikan duku­ngan melalui berbagai program yang ada.

Dengan produksi ba­han baku yang memadai, tentunya produk minyak atsiri sereh wangi yang dihasilkan bisa lebih banyak dan menjadi produk unggulan lain kota Solok selain beras. Apalagi, masih ba­nyak lahan tidur yang bisa dimanfaatkan. “Kita yakin, serai wangi sebuah potensi usaha dan langkah bagi pemerintah dalam mengurai angka kemiskinan serta mengurangi lahan tidur yang ada di Kota Solok,” ucap Ramadhani.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ikhvan Marosa mengatakan, produksi sereh wangi kota Solok dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan pe­ningkatan. Tahun 2020 pro­duksi sereh wangi mencapai lebih kurang 107 ton dengan luas tanam mencapai 40 hektar lebih.

Ada tiga kelurahan yang menjadi produsen sereh wangi yang cukup tinggi untuk wilayah kota Solok , diantaranya kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah dan kelurahan Kampungjawa dan Laing di kecamatan Tanjung Harapan. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top