Menu

Pemko Serius Perhatian Industri Khas Daerah

  Dibaca : 411 kali
Pemko Serius Perhatian Industri Khas Daerah
Kerajinan Batik Di Solok (foto : kerajinanindonesia)

SOLOK, METRO – Potensi usaha masyarakat ternyata cukup menjanjikan sebagai lapangan kerja serta peningkatan perekonomian masyarakat itu sendiri. Namun, peran pemerintah daerah sangat diperlukan dalam memfasilitasi perkembangan usaha masyarakat tersebut.

Di Kota Solok telah ada usaha masyarakat yang memberikan peluang yang cukup menjanjikan. Seperti industri batik khas Solok dan industri makanan. Wakil Walikota Solok Reinier menilai, usaha masyarakat yang bergerak di berbagai di bidang. Seperti industri batik ini sudah selayaknya mendapat perhatian serius dari pemerintahan daerah. Hal itu dimaksudkan agar usaha tradisional yang digeluti oleh kelompok masyarakat itu terus berkembang dan bisa bersaing dengan daerah lain.

“Pemerintah Kota Solok perlu memberikan perhatian serius terhadap berbagai industri khas Solok yang telah lama berkiprah. Dengan harapan industri masyarakat ini akan dapat berkembang dan menyerap banyak tenaga kerja,” kata Rainer.

Menurut Reinier pemerintah sebetulnya telah berupaya memberikan perhatian. Pemerintah daerah lanjutnya, dengan memberikan pembinaan, pendampingan serta membantu pemasaran ke dalam maupun luar daerah bertujuan mendorong pertumbuhan industri khas daerah Kota Solok.

Namun juga diharapkan dinas terkait seperti Dinas Koperasi dan Perdagangan agar berupaya untuk mengembangkan industri khas solok. Selain itu, pembinaan dilakukan secara rutin setiap ada kegiatan dan jika bisa aparatur sipil Negara dilingkungan Pemerintah Kota Solok agar disarankan memakai baju batik buatan produk lokal Kota Solok.

Industri batik khas kota solok misalnya, sebagai sebuah karya seni, batik telah diakui sebagai warisan budaya dunia. Batik tulis memiliki eksklusifitas tersendiri, sehingga harganya pun relatif tinggi. Dengan harga jual yang relatif tinggi itulah, perajin batik tulis mengalami kesulitan memasarkan hasil karya.

Lemahnya jaringan perajin batik khas solok untuk mengakses pasar, serta rendahnya apresiasi sebagian masyarakat terhadap batik khas solok menjadi persoalan yang sampai saat ini masih belum terpecahkan. Untuk itulah, para perajin batik khas solok membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dalam bidang pemasaran. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional