Menu

Pemko Segera Salurkan Beras Bantuan

  Dibaca : 326 kali
Pemko Segera Salurkan Beras Bantuan
FOTO BERSAMA— Walikota Sawahlunto Deri Asta berfoto bersama unsur TNI dan Polri sambil mengenakan masker.

SAWAHLUNTO, METRO
Akibat terdampaknya ekonomi masyarakat Kota Sawahlunto karena virus corona (Covid-19), Pemko Sawahlunto segera mengambil kebijakan untuk membagikan bantuan pangan berupa beras kepada masyarakat. Kebijakan ini dibahas dalam rapat Walikota bersama Gubernur Sumbar dan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) terkait Penanganan Covid-19 di Sumatera Barat, Minggu (29/3).

Wakil Walikota Zohirin Sayuti menyebutkan, dalam rapat yang berlangsung lewat Video Conferense tersebut, salah satu yang dibahas adalah solusi terhadap warga yang ekonominya melesu dampak dari kebijakan penanganan Covid-19.

Zohirin mengatakan untuk melindungi keselamatan warga dari wabah Covid-19 adalah prioritas pemerintah saat ini, sehingga kami instruksikan seluruh warga untuk tetap di rumah, belajar di rumah, bekerja dari rumah dan beribadah di rumah.

Diakui Zohirin kebijakan sangat berdampak pada melesunya ekonomi warga terlebih mereka yang bekerja di sektor informal. Bantuan itu  sebagai antisipasi jika Pemda mengambil kebijakan karantina wilayah.

“Karena itu Pemko Sawahlunto menetapkan rencana akan memberi bantuan bagi warga kurang mampu dan warga yang terdampak ekonominya, berupa beras sebanyak 9 kg/jiwa untuk membantu agar tidak ada warga yang kekurangan makanan”, sebutnya.

Dana untuk bantuan beras ini dialokasikan di APBD, diluar dana Rp 9 Milyar yang telah ditetapkan untuk penanganan Covid-19.

“Saat ini sedang kita rancang prosedur dan aturan untuk pelaksanaan bantuan ini. Dalam waktu dekat, akan ada tim yang mendata siapa saja warga yang ekonominya terdampak dan layak menerima bantuan pangan ini”, terangnya.

Selain bantuan beras dari Pemko, juga ada bantuan konsumsi bagi lansia kurang mampu yang memang telah dianggarkan setiap tahun oleh Pemerintahan Deri-Zohirin.
“Selain itu juga ada Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Pusat”, tandasnya. (rel/cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional