Menu

Pemko Sawahlunto Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

  Dibaca : 95 kali
Pemko Sawahlunto Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

SAWAHLUNTO, METRO–Pemko Sawahlunto me­lalui Dinas PMPTS­P­Naker membuka pen­daf­taran untuk pelatihan bagi warga Sawahlunto yang masih usia produktif untuk mengikuti pelatihan yang berbasis kompetensi ke­juruan, pendaftaran telah dibuka mulai dari per­tengahan Agustus sampai akhir Agustus.

Kepala Dinas PMP­TSP­Naker Dwi Darmawanti ketika dikonfirmasi me­lalui via telepon seluler, Kamis (12/8) membe­nar­kan, informasi pendaf­taran bagi warga Sa­wah­lunto yang mempunyai jiwa bisnis tinggi dan ber­niat untuk meningkatkan pendapatan keluarga tapi kurang skill untuk segera mendaftarkan diri dan mengikuti pelatihan ter­sebut di BLK.

Kepala UPTD BLK Jafri ST menyebutkan, bahwa pendaftaran telah dibuka khusus untuk warga Kota Sawahlunto dan nantinya pendaftaran ditutup pada akhir Agustus. “ Persya­ratan mengikuti pelatihan di BLK ini adalah fotocopi ijazah terakhir legalisir, fotocopi KTP 2 lembar, pas foto 3×4 berlatar merah 4 lembar, usia produktif mulai dari 15 tahun sampai dengan 55 tahun. Lang­sung antarkan ke UPTD BLK di Sawah Rasau Desa Sikalang, Kecamatan Tala­wi Kota Sawahlunto. Biaya gratis ditanggung Peme­rintah Kota Sawahlunto,” ujar Jafri.

Ditambahkan, pela­tihan berbasis kompetensi untuk kejuruan ini memiliki 3 paket pelatihan yaitu, Teknik Sepeda Motor (oto­motif) kuota 16 orang 240 Jp (jam pelajaran) sekitar 30 hari,  Autocad 16 orang peserta selama 240 Jp sekitar 30 hari,  dan Pe­ngelasan SMAW posisi 2F kuota 16 peserta selama 160 Jp sekitar 20 hari.

Menurut Jafri bila ba­nyak yang mendaftar ma­ka nantinya para peserta akan diseleksi melalui tes administrasi, tes tertulis dan wawancara. Instruk­tur yang melatih adalah dari pejabat Fungsional dari Kota Sawahlunto yang kompeten dibidangnya. “Kita menyediakan In­struktur dari Pemko Sa­wahlunto. Para peserta tidak menginap, waktu pelatihan akan dimulai dari pukul 08.00 wib sampai pukul 14.30 WIB atau wak­tu selesainya akan dise­suaikan dengan kebu­tu­han dari materi pelajaran. Peserta diwajibkan me­makai baju yang rapi dan sopan se­lama me­ngikuti pe­latihan di BL­­K,” kata Jafri.

Selain i­tu akan ba­nyak keun­tungan yang di­pe­ro­leh bagi pa­ra pe­ser­ta per­tama a­kan men­­da­pat­kan serti­fikat kompe­tensi yang memperbesar pe­luang untuk diterima di lapangan kerja dan yang kedua materi pelatihan disesuai­kan dengan ke­butuhan lapangan kerja, dan  ma­teri pelatihan me­mung­kinkan perserta un­tuk mem­bu­ka usaha man­diri. Japri mengatakan, pela­tihan ini merupakan solusi yang ditawarkan oleh Pem­ko Sawahlunto untuk menghadapi ke­sulitan e­ko­nomi yang meng­hatam warga terkait pan­demi co­vid 19. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional