Menu

Pemko Sambut Baik Perda ABK

  Dibaca : 141 kali
Pemko Sambut Baik Perda ABK
Pemko Sambut Baik Perda ABK

SAWAHAN, METRO
Pemko Padang menyambut baik dengan ditetapkan Peraturan Daerah (Perda) Sumbar tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Sumbar. Wawako Hendri Septa mengatakan, pada perda ini, yang menarik perhatian tentang sanksi pidana berupa kurungan bagi masyarakat yang tak mau mematuhi aturan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Dalam ketentuannya, setiap orang yang melanggar kewajiban menggunakan masker apabila di luar rumah dikenakan pidana kurungan paling lama dua hari atau denda paling banyak Rp250 ribu. Tindak pidana dikenakan apabila sanksi administratif yang telah dijatuhkan tidak dipatuhi atau pelanggaran dilakukan lebih dari satu kali,” sebut Hendri.

“Jadi, menurut kita, dengan adanya sanksi tegas di dalam Perda tersebut, insya Allah ke depan akan membuat perubahan 180 derajat buat semua insan masyarakat yang ada di wilayah Sumbar. Dimana untuk penegakan sanksi ini juga akan diback-up oleh kepolisian dan juga TNI,” sebutnya.

Berbicara teknis pemberlakuan sanksi pidana pada perda tersebut terang Hendri, Pemko Padang saat ini dan ke depan akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pemprov, khususnya bersama Satpol PP Sumbar dan OPD terkait.

“Sehingga, apa saja tindakan kita mulai dari mensosialisasikan perda ini kepada warga Kota Padang bisa selaras dengan apa yang diinginkan dan dilakukan Pemprov Sumbar. Kita berharap, mulai Senin (14/9), kita sudah bisa melakukan sosialisasi terkait penerapan Perda Provinsi Sumbar tersebut kepada warga Kota Padang,” bebernya.

Sekarang terang Hendri, pemko akan mendesain dulu seperti apa langkah-langkah dalam bergerak selama seminggu ke depan. “Untuk itu, pada Senin nanti kita akan masifkan sosialisasi perda ini kepada masyarakat dan seluruh penjuru Kota Padang. Hal ini persis sama seperti waktu kita mensosialisasikan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) awal April lalu,” tukasnya.

Sementara itu, Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir mengatakan dengan tegas pihaknya menyambut baik adanya peningkatan proses upaya penegakan hukum melalui implementasi Perda AKB di masa pandemi Covid-19 di Sumbar termasuk Kota Padang.

“Kita dari jajaran Polresta Padang siap memback-up dan bersinergi dengan semua pihak untuk pelaksanaan kegiatan ini. Begitu juga sesuai arahan pak Gubernur terkait sosialisasi Perda terkait harus dimasifkan ke depan, kita siap melakukannya,” ujar AKPB Imran.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang, Zulhardi Z Latief juga mengingatkan warga yang tidak memakai masker saat ke luar rumah dapat dikenakan sanksi kurungan penjara. Hal itu tertera pada Peraturan Daerah tentang Adaptasi Kebiasaan Baru.

“Untuk itu, mari mematuhi perdanya, jika ada yang melanggar, ujung-ujungnya bisa dipidana bahkan dipenjara. Saya minta agar masyarakat mematuhinya, karena itu fakta dan nyata, jangan sampai masyarakat merasakan dampaknya,” ujarnya, Minggu (13/9). (tin/ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional