Menu

Pemko Pertahankan Nilai BB untuk SAKIP 2020

  Dibaca : 94 kali
Pemko Pertahankan Nilai BB untuk SAKIP 2020

BUKITTINGGI,METRO
Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi berhasil mempertahankan nilai BB untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan nilai B untuk Pelaksanaan Reformasi Birokrasi tahun 2020. Hasil itu diumumkan pada acara penyerahan hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah dan hasil Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi secara virtual dari Jakarta, Kamis (29/4).

Ini merupakan keberhasilan Pemko Bukittinggi mempertahankan nilai BB tersebut tiga tahun berturut-turut. Selain Bukittinggi, terdapat dua kota di Sumbar yang juga meraih nilai BB, yaitu Kota Padang dan Kota Payakumbuh.

Penilaian tersebut menunjukkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya. Dan, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi serta penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Pemko Bukittinggi telah menunjukkan hasil yang sangat baik.

Tujuan evaluasi ini, untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban aras hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government) serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menagkui, cukup bangga dengan hasil itu. Nilai BB ini menunjukkan kerja keras SKPD dan aparatur dalam bekerja di tahun 2020. “Walaupun dalam masa pandemi Covid-19 dan adanya refocusing anggaran,” ujar Erman.
Kedepan, Erman berharap kerja keras itu dapat dipertahankan, sehingga nilai BB pada Sakip ini dapat beranjak naik menjadi nilai A. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional