Close

Pemko Payakumbuh Bantu KPU Sukseskan Pemilu Serentak 2024

RAPAT KOORDINASI— Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal memberikan materi kepada peserta rapat koordinasi.

SUDIRMAN, METRO–Wali Kota Payakumbuh, Rida Ananda melalui staf ahli Wali Kota, Evi Jaya, dalam sambuatan pada acara Rapat Koordinasi Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pe­milu Serentak tahun 2024 di Hotel Mangkuto Jalan Sudirman, Kota Payakumbuh, menyebut siap untuk membantu KPU mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

”Kita mulai dari Lurah, Camat, dan OPD di Peme­rintah Kota Payakumbuh siap untntuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh mensukseskan pemilu se­rentak 2024. Dan saat ini dalam tahapan pembentukan badan adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Harapan kita tentu Pemilu berlangsung a­man, damai dan kondusif,” harap Evi Jaya, Kamis (23/11) pagi.

Dia berharap, dengan telah dimulainya pendaf­taran penerimaan badan adhoc PPK, PPS dan KPPS, diharapkan terpilih nanti orang-orang yang berintegritas, sehingga pelaksanaan pemilu berlangsung dengan baik dan pendidikan politik ma­syarakat semakin baik. “Harapan kita dengan sudah dibukanya penerimaan adhoc PPK, dapat terpilih orang-orang yang berintegritas,” harapnya.

Selain Staf Ahli Wali Kota, Evi Jaya, juga tampak hadir Kepala Kesbangpol Kota Payakumbuh Diva Surya Persada, Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal, Komisioner KPU Kota Payakumbuh, Neti Payoka, Ade Jumiarti Marlia, Nina Trisna, dan Sekretaris KPU Kota Payakumbuh Beni Mustika beserta staf sekretariat, serta dihadiri Lurah dan Camat se-Kota Payakumbuh dan unda­ngan lainnya.

Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal kepada wartawan menyebut saat ini tahapan pelaksa­naan Pemilu sudah sampai pada penerimaan ba­dan adhoc PPK yang berlangsung dari tanggal 20-29 Novermber 2022 mendatang. Dangan digelar­nya rapat koordinasi de­ngan Lurah, Camat se-Kota Payakumbuh, diha­rapkan pelaksaan pemilu di Kota Payakumbuh berlangsung aman, damai dan kondusif.

”Melalui rapat koordinasi ini kita harapkan Pe­milu serentak 2024 mendatang berlangsung kondusif. Dan saat ini tahapan penerimaan badan adhoc PPK dan saat ini sedang berlangsung dari tanggal 20-29 November 2022 men­datang. Sampai hari Ketiga sejak dibuka, sudah ada sebanyak 200 orang yang mendaftar, kami per­kirakan akan terus bertambah, karena waktu pendaftaran masih panjang,” sebut Haidi Mursal, kepada wartawan.

Dikatakannya, setelah pembukaan penerimaan PPK, tidak beberapa lama juga akan dibuka PPS serta Pantarlih. Untuk PPK setiap Kecamatan dibutuhkan sebanyak 5 orang. Dan untuk seleksi sendiri juga berlangsung seiring dengan berkas yang masuk.

”Setiap kecamatan 5 orang, kemudian untuk seleksi adminisrtasi ketika memasukan berkas langsung diverifikasi. Kemudian bagi yang lulus seleksi administrasi akan ikut testertulis dengan sistim CAT, dan kita hanya menyediakan perangkat. Jika lulus tes CAT, maka 10-15 orang akan ikut seleksi wawancara,” sebutnya.

Komisioner KPU Kota Payakumbuh Nina Trisna, dalam materinya berha­rap bantuan dan kerjasama Lurah dan Camat se-Kota Payakumbuh. Diri­nya juga menyebut, saat ini tahapan pemilu serentak sudah masuk penerimaan badan adhoc PPK. “Kita sangat berharap sekali bantuan dari bapak ibuk Lurah dan Camat se-Kota Payakumbuh dalam mensukseskan pemilu se­rentak 2024 mendatang,” harapnya.

Para peserta yang hadir pada kesempatan itu juga memberikan masukan dan pertanyaan, diantaranya mengacu kepada pemilu sebelumnya dimana banyak diantara petugas adhoc yang mengalami sakit bahkan meninggal. “Pengalaman sebe­lumnya banyak petugas adhoc PPK yang sakit dan meninggal, meski di Pa­yakumbuh tidak ada, tetapi bagaimana dengan ja­minan sosial kepada petugas ini, harusnya juga ada santunan sosial dan jaminan kepada petugas yang adhoc ini,” harapnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top