Close

Pemko Pariaman Terima Opini WTP Kesembilan, Genius Umar: Minta Dukungan Warga dan Stakeholder  Bersama Bangun Daerah

Wali Kota Pariaman Genius Umar menerima WTP dari BPK RI.

PEMKO Pariaman kembali mendapatkan Opini Wajar Tan­pa Pengecualian (WTP) untuk yang ke-9 kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan Per­wakilan (BPK) Perwakilan Sumbar.  Opini WTP ini diserahkan ketika Pemko Pariaman menerima La­poran Hasil Pemeriksaan (LHP)  Laporan Ke­uangan Pemerintah Daerah (LKPD)  Ko­ta Pariaman ta­hun 2021 dari BPK Perwakilan Pro­vinsi Sumbar.

Opini WTP ini diserahkan langsung Kepala BPK RI Per­wakilan Sumbar, Yus­nadewi, kepada Wa­likota Pariaman Genius Umar dan Ketua DPRD Kota Paria­man, Fitri Nora di­dampingi Sekda Ko­ta Pariaman, Yo­ta Balad, Inspektur, Alfian Harun, Ke­pala BPKPD Buyung Lapau dan Kadis Kominfo Ferry Fer­dian Bagindo Putra.

Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar  Yusnadewi me­nga­takan, berdasarkan pemerik­saan yang telah dilakukan BPK atas LKPD Kota Pariaman TA 2021, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan Pemko Pa­ria­man, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa Penge­cualian atas LKPD Kota Pa­riaman TA 2021.

Ia mengungkapkan, raihan opini WTP ini menggambarkan akuntabilitas kinerja dalam laporan keuangan dan hasil kerja yang baik dari aparatur Pemko Pariaman dalam pe­nyajian LKPD pemerintahnya.

“Kami mengapresiasi lang­kah cepat Pemerintah Kota Pa­riaman dalam menindak lanjuti permasalahan keuangan yang ada, serta menyajikan LKPD sesuai dengan yang diharap­kan,” ujar Yusnadewi. “Alham­dulillah, hari ini Pemerintah Kota Pariaman kembali menda­patkan Opini WTP untuk yang ke-9 kali dan tujuh kali secara berturut-turut, semoga dengan prestasi yang membanggakan ini, Kota Pariaman dapat lebih maju lagi,” ujar Yusnadewi.

Walikota Pariaman Genius Umar bersyukur atas capaian opini WTP ini. Dan tentunya hal ini berkat bimbingan dari BPK Perwakilan Sumbar, yang selalu membantu dalam me­nindaklanjuti temuan dan mem­berikan masukan apa yang mesti kami lakukan. Sehingga raihan WTP ini, kembali dapat dicapai.

“Dengan opini WTP ini, Pemko Pariaman akan terus meminta dukungan dari warga Kota Pariaman dan stakeholder terkait, untuk bersama-sama membangun Kota Pariaman ke arah yang lebih baik lagi,” ujar Genius.

Dia  berharap, dengan adanya raihan Opini WTP ini bukanlah menjadi akhir, tetapi kiranya menjadi awal untuk tata kelola keuangan yang lebih baik lagi dalam mengelola keuangan negara.

“Kota Pariaman tahun lalu telah menjadi Kota terinovatif di tingkat Nasional dan raihan SAKIP Kota Pariaman juga meraih nilai B dari Kemendagri dan syarat utama untuk men­dapatkan insentif penghargaan tersebut adalah Opini WTP ini. Dengan adanya Opini WTP hari ini berarti Kota Pariaman semakin memenuhi syarat un­tuk mendapatkan insentif pusat tersebut dan bisa dimanfaatkan untuk pembangunan Kota Pa­riaman,” kata Genius.

Dikatakan Genius, capaian WTP ini sesuai dengan per­mintaan dari kepala BPK Per­wakilan Sumbar, bahwa hen­daknya LKPD mengacu kepa­da pelaksanaan anggaran yang berkualitas. Selain itu sesuai dengan aturan yang berlaku, yang nantinya penge­lolaan keuangan daerah terse­but, akan meningkatkan kese­jahteraan masyarakat. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top