Menu

Pemko Paria­man Terima Data Publikasi dari BPS

  Dibaca : 67 kali
Pemko Paria­man Terima Data Publikasi dari BPS
Mustaqpirin Asisten Intelijen (Asintel) Kejati Sumbar.

PARIAMAN, METRO–Pemerintah Kota Paria­man menerima data pu­blikasi Pariaman dalam angka tahun 2021 dari Ba­dan Pusat Statistik (BPS) Kota  Pariaman.

Hal ini ditandai dengan dilakukannya penan­data­nganan sekaligus serah terima data publikasi Pa­riaman Dalam Angka dan data publikasi PDRB Kota Pariaman oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pa­riaman Yota Balad dan Kepala BPS Kota Pariaman Yuliandri, disaksikan oleh Kadis Kominfo Hendri dan Kabid Statistik dan Persan­dian Efrizal Nur bertempat di ruang kerja Sekdako Pariaman, kemarin..

Sekda Pariaman Yota Balad mengatakan bahwa Kota Pariaman Dalam Ang­ka 2021 ini merupakan pu­blikasi tahunan yang di­terbit­kan oleh BPS Kota Pariaman.

Publikasi ini dimak­sud­kan untuk memberikan gam­baran tentang perkem­bangan Kota Pariaman se­cara umum yang meliputi keadaan geografi, peme­rintahan, penduduk dan tenaga kerja, sosial, per­tanian, industri dan per­dagangan, energi, pari­wisata, hotel, transportasi dan komunikasi, keuangan dan harga, sistem neraca regional, pengeluaran, kon­sumsi penduduk dan beberapa data suplemen.

Data yang disajikan dalam publikasi ini tidak jauh berbeda dengan pe­ner­bitan tahun sebelum­nya dan selalu diusahakan kontinuitas data. Dengan menyajikan beberapa ta­hun terakhir baik data yang dihimpun secara langsung (data primer BPS) maupun data yang dikutip dari In­stansi/Dinas/Lembaga Pe­merintah maupun swasta (data sekunder).

Yota berharap buku Pariaman Dalam Angka ini dapat menjadi rujukan dan acuan bagi OPD dan peng­guna data lainnya.

Sementara itu, men­u­rut Kepala BPS Kota Paria­man Yuliandri mengatakan buku Pariaman Dalam Ang­ka tersebut sudah bisa digandakan dan dicetak oleh pemda, sebagai ceta­kan kedua setelah BPS. Dinas Kominfo sebagai wali data sudah bisa m­e­nye­barkan kepada seluruh OPD dan semua pengguna data dengan jumlah sesuai kebutuhan.

“Ini merupakan tugas Dinas Kominfo sebagai statistik sektoral, ke de­pannya BPS secara ber­tahap menyerahkan pe­nyu­sunan buku Pariaman Da­lam Angka ini kepada Dinas Kominfo Kota Paria­man ,” tukasnya kepada Media Center Kota Paria­man.

Yuliandri berharap de­ngan adanya peran Dinas Kominfo melalui bidang statistiknya dapat mem­bantu kegiatan statistik sektoral selama ini masih belum tetap sekarang su­dah ada wadahnya di Pem­da tentu ini sangat mem­bantu peran BPS sebagai pembina data. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional