Close

Pemko Pariaman Fokus Pengembangan Objek Wisata Pantai Pariaman

FOTO BERSAMA—Wali Kota Pariaman Genius Umar saat menerima tamunya berfoto bersama.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman Genius Umar menerima kunjungan Tim Advis dari Balai Teknik Pantai Direktorat Jenderal SDA Kementerian PUPR RI. “Kita me­nerima kunjungan dari Ba­lai Teknik Pantai Direktorat Jenderal SDA Kementerian PUPR RI. Kunjungan mereka bertujuan untuk melakukan survey ke lapangan sepanjang pantai Kota Pa­riaman. Mulai dari Pantai Sunur Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman sampai Pantai Padang Birik-Birik Kecamatan Pa­riaman Utara Kota Pariaman, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar, kemarin, usai menerima kunjungan.

Pemerintah Kota Pariaman sampai saat ini masih fokus dengan perkemba­ngan objek wisata khususnya pantai. Karena pantai merupakan salah satu objek wisata unggulan yang dimiliki Kota Pariaman. Disamping keasriannya, kawasan pantai di Kota Pariaman tertata dengan rapi dan indah.

“Kita akan lakukan yang terbaik agar wisatawan semakin banyak berkunjung ke Kota Pariaman. Hal ter­sebut secara otomatis a­kan meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Pariaman. Tim tersebut nantinya akan melakukan berbagai survey, terkait dengan bangunan – ba­ngunan pengamanan pantai seperti dermaga apung, mesjid terapang, lanjutan pembangunan jetty di mulut muara Pantai Gandoriah dan bangunan pengaman pantai groin Tipe T di Pantai Naras Kota Pariaman. Setelah survey lapa­ngan tim advis akan me­lakukan presentasi untuk memberikan masukan – masukan dan solusi terhadap bangunan pengamanan pantai yang ada di Kota Pariaman,” tambahnya

Sementara itu Teknik Pengairan Ahli Muda Balai Teknik Pantai Kementerian PUPR RI Rio Gunawan Jufri mengatakan bahwa Ba­lai Teknik Pantai mempu­nyai tugas melaksanakan pengembangan, perekayasaan, dan pelaksanaan pelayanan teknis pengu­jian, pengkajian, inspeksi, dan sertifikasi di bidang pantai.

“Kita punya waktu 1 (satu) minggu untuk me­lakukan penelitian dan survey terkait bangunan – bangunan pengamanan pantai di Kota Pariaman. Setelah selesai melakukan survey, kita akan presentasikan hasil survey tersebut ke Pihak Pemko Pariaman agar ditindak lanjuti, “ ung­kapnya.

Balai Teknik Pantai me­nyelenggarakan fungsi antara lain penyusunan rencana, program, dan anggaran, pelaksanaan pengembangan dan pe­rekayasaan, pelaksanaan diseminasi. Pelaksanaan pelayanan teknis meliputi pengujian, pengkajian, inspeksi, dan sertifikasi, fasilitasi pelaksanaan alih tek­nologi, penyiapan dan pe­ngelolaan data, pengelolaan laboratorium, pelaksanaan pemantauan, eva­luasi, dan pelaporan serta pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga balai. “Semoga saja survey ini cepat diselesaikan se­hingga Pemko Pariaman segera melakukan tindakan dan melanjutkan pembangunan untuk Kota Pa­riaman lebih baik lagi,” tambahnya meng­akhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top