Menu

Pemko Padang­panjang Siapkan SAKIP untuk Dievaluasi Kemenpan RB

  Dibaca : 98 kali
Pemko Padang­panjang Siapkan SAKIP untuk Dievaluasi Kemenpan RB
Asisten III Setdako, Martoni.

Laporan Sistem A­kun­tabilitas Kinerja In­stansi Pemerintah (SAKIP) tengah dipersiapkan  Pem­ko guna dievaluasi Kementerian Penda­ya­gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Evaluasi tersebut bertujuan menilai tingkat akuntabilitas ki­nerja terhadap peng­gu­naan ang­garan me­wu­judkan peme­rintahan yang berorientasi terhadap ha­sil.

Asisten III Setdako, Martoni, usai mengikuti Webinar Kick Off Evaluasi 2021 SAKIP Reformasi Birokrasi Zona Integritas dari Kemenpan-RB, Rabu (18/7), di Ruang VIP Balai­kota mengatakan, tahun 2019 SAKIP Pemko sudah B dan akan terus berupaya untuk lebih baik.  “Mudah-mudahan penilaian beri­kutnya melalui evaluasi bisa naik, kita persiapkan dengan OPD. Memang masa pandemi Covid-19, ada penekanan untuk SA­KIP berkaitan juga dengan Covid-19,” kata Martoni.

Dikatakannya lagi, pe­laporan sudah diper­siap­kan melalui Inspektorat terkait RB serta SAKIP oleh Bagian Organisasi Setdako. “Sudah dila­por­kan, itu yang  dievaluasi nanti. Ini yang akan dico­cokkan sesuai yang dila­porkan,” ujar Martoni.

Sementara itu, Kabag Organisasi Setdako Novi Yanti, menyampaikan te­ngah melengkapi data.  “Yang kurang-kurang di­beri kesempatan untuk memperbaikinya. Pada pemaparannya diminta 10 OPD. Kita siapkan paparan kota yang disampaikan Pak Wali, dan paparan OPD,” ujar Novi.

Adapun evaluasi selu­ruh Indonesia dimulai 19 Agustus sampai 19 Ok­tober. “Untuk jadwal se­dang menyesuaikan. Sam­bil menunggu, kita siapkan bahan-bahan untuk pa­paran. Evaluasi mandiri sudah di-upload. Penilaian mandiri sudah dilakukan, meningkat dari sebe­lum­nya dengan nilai 52 Cc menjadi  64 B.

Novi berharap hasil evaluasi pusat tidak jauh berbeda dari penilaian mandiri dari Pemko “Jadi memang diminta pe­me­rintah daerah menilai diri sendiri sebelum penilaian dari Kemenpan RB,” kata Novi.  (rmd)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional