Close

Pemko Padang Sabet 2 Penghargaan BKN Award 2021

BKN AWARD 2021— Pj Sekda Kota Padang Arfian menerima penghargaan BKN Award 2021 yang diserahkan Plt Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana dalam ajang Anugerah BKN Award 2021 di Hotel Grand Zuri Padang, Senin (18/10).

THAMRIN, METRO–Pemerintah Kota Padang kembali meraih peng­har­­gaan bergengsi di tahun ini. Tak tang­gung-tang­gung, dua penghargaan pun disabet pemerintah kota yang dipimpin Wali Kota Hendri Septa tersebut.

Penghargaan tersebut pun diterima Wali Kota Padang yang diwakili Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Arfian dari Pelaksana Tu­gas (Plt) Kepala Badan Ke­pegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana da­lam ajang Anugerah BKN Award 2021 di Hotel Grand Zuri Padang, Senin (18/10).

Dalam penyerahan peng­hargaan yang juga diterima Pemprov Sumbar dan be­berapa pemerintah kabupa­ten/kota se-Sumbar terse­but, juga hadir Kepala Kan­tor Regional XII Pe­kanbaru Neni Rochyani dan Sekda­prov Sumbar Han Sastri.

Seperti diketahui, dua penghargaan yang dite­rima Pemko Padang melalui Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kali ini, yaitu adalah berhasil menyabet Peringkat I pada Kategori 2 terkait Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT). Kemu­dian juga berhasil meraih Peringkat 3 untuk Kategori 4 tentang Implementasi Penilaian Kinerja.

“Alhamdulillah, atas na­ma Pemerintah Kota Pa­dang kita bersyukur bisa meraih penghargaan ter­sebut. Penghargaan yang kita terima kali ini tentu sa­ngat penting dan sekaligus menjadi motivasi bagi kita di Pemko Padang. Khusus­nya untuk terus menjaga komitmen dan konsistensi pelaksanaan manajemen ASN yang telah dinilai baik sejauh ini. Jadi ini adalah hasil kerja keras dan ko­mitmen kita semua di ling­kungan Pemko Padang,” ungkap Arfian yang juga Plt Kepala BKPSDM Kota Pa­dang itu saat ditemui usai mene­rima penghar­gaan.

Sementara itu Plt Ke­pala BKN Bima Haria Wibi­sana dalam penyam­paian­nya terlebih dahulu me­ngucapkan selamat bagi para peraih penghargaan BKN Award 2021.

Baik itu Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah sebagai Instansi Pengelola Kepegawaian terbaik dari penilaian in­deks implementasi norma, stan­dar, prosedur san krite­ria (NSPK) manajemen Apa­ratur Sipil Negara (ASN).

“Diantaranya yaitu me­liputi Penyusunan dan Pe­netapan Kebutuhan, Pe­nga­daan ASN, Pengang­katan ASN, Pangkat, Jaba­tan dan Pola Karier Pe­ngembangan Karier ASN. Begitu juga terkait Mutasi, Penilaian Kinerja, Peng­gajian, tunjangan, dan fasi­litasi; Penghargaan, Disip­lin, Cuti, Kode Etik hingga Pemberhentian serta Ja­minan Pensiun dan Hari Tua Pensiun dan Perlin­dungan,” jelas Bima Haria.

Ia lalu menyebutkan, berdasarkan unsur peni­laian Indeks NSPK Manaje­men tersebut, BKN telah menetapkan lima kategori dalam penilaian BKN Award 2021. Diantaranya untuk kategori I yakni ter­kait peren­ca­naan kebutu­han, pelaya­nan penga­daan, ke­pang­katan dan pensiun.

Kemudian kategori II terkait Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT, lalu Penilaian Kompetensi di Kategori III dan Imple­men­tasi Penilaian Kinerja Ka­tegori IV serta Komit­men Pengawasan dan Pe­ngen­dalian untuk kategori V.

“Ini merupakan tahun ketujuh sejak BKN Award diluncurkan pada tahun 2015 dengan tujuan untuk memacu kinerja kemen­terian, lembaga dan peme­rintah daerah dalam me­lak­sanakan delapan belas elemen penilaian indeks implemetasi NSPK mana­jemen ASN,” paparnya.

Untuk itu, sambung dia, BKN yang diberikan kewe­nangan melakukan pem­binaan dalam penye­leng­garaan manajemen ASN secara nasional membe­rikan apresiasi kepada ins­tansi yang berhasil menja­lankan masing-masing bu­tir manajemen tersebut.

“Instansi pemenang BKN Award 2021 ditetap­kan berdasarkan masing-masing kategori instansi. Seperti Instansi Pusat me­lingkupi Kementerian dan Lembaga Negara/Lem­ba­ga Pemerintah Non-Ke­men­terian (LPNK), lalu Ins­tansi Daerah meliputi Pe­me­rin­tah Provinsi, Pe­me­rintah Kabupaten, serta Pe­me­rin­tah Kota sebagai pe­laksana manajemen ASN berda­sarkan keunggulan di ma­sing-masing kategori pe­nilaian,” bebernya meng­akhiri. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top