Menu

Pemko Padang Peringati Hari Anak Fitri Nuraliza, Juara I Lomba Poster

  Dibaca : 617 kali
Pemko Padang Peringati Hari Anak Fitri Nuraliza, Juara I Lomba Poster
TERIMA PENGHARGAAN— Fitri Nuraliza, siswa SMPN 1 Padang, menerima penghargaan dari Hj Harneli Bahar setelah berhasil keluar sebagai juara I dalam lomba kreativitas anak kategori Lomba Poster tingkat SMP-MTsN yang digelar Pemko.

A YANI, METRO – Fitri Nuraliza, siswi SMPN 1 Padang, berhasil keluar sebagai juara I dalam lomba kreativitas anak kategori Lomba Poster tingkat SMP/MTsN yang digelar Pemko Padang, Sabtu (27/10). Lomba tersebut digelar dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional sekaligus menyambut Hari Anak Sedunia di Palanta Wali Kota Padang.

Siswi kelas IX itu, berhasil meraih hadiah berupa uang tunai Rp500 ribu, piagam serta tropi, yang diserahkan langsung oleh istri Wali Kota Padang, Hj Harneli Bahar. Ia menyisihkan puluhan peserta lainnya.

”Alhamdulillah, semoga prestasi ini menjadi penyemangat untuk terus berkarya dan berprestasi selanjutnya,” kata Fitri yang merupakan putri bungsu pasangan Direktur Pemasaran PT Asuransi Eka Lloyd Jaya, Almaisyar dan dr Liza Andriani.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Heryanto Rustam menyebutkan, saat ini, pemenuhan hak anak belum sepenuhnya dapat diwujudkan, buktinya masih banyak anak yang terabaikan baik pendidikan mupun kesehatan. Bahkan masih banyak anak yang menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual.

“Supaya hak anak dapat dipenuhi, untuk itu Pemko Padang melakukan upaya yang serius dalam memberikan perhatian terhadap anak dan keluarga,” katanya.

Ia menambahkan, keseriusan Pemko Padang dalam memenuhi hak anak mendapatkan apresiasi melalui penghargaan sebagai “Kota Layak Anak”. Penghargaan yang diraih merupakan kategori Nindya, tertinggi di Sumbar.

“Kota Padang telah meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak. Kategori Nindya yang merupakan tertinggi dari kabupaten/kota lainnya dalam penghargaan yang sama,” sebutnya.

Dalam rangkaian kegiatan ini, Pemko Padang juga menggelar seminar tentang anak. Pada seminar ini menghadirkan Hj Harneli Bahar selaku “keynote speaker”.

Istri Wali Kota Padang yang juga dikenal sebagai penceramah tersebut mengatakan, dewasa ini orang tua cenderung kebablasan dalam pengasuhan dan pendidikan anak. Hal itu menyebabkan anak-anak rentan terpengaruh hal-hal negatif yang berkembang seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Anak.

“Kita orang tua sering kebablasan membebaskan anak menggunakan gadged sehingga anak kita rentan dapat pengaruh negatif,” kata Harneli.

Ia menyoroti, kasus-kasus yang terjadi seperti pelecehan seksual, kekerasan terhadap anak, narkoba dan LGBT serta tawuran remaja berawal dari pengaruh lingkungan dan efek negatif informasi media sosial. “Hal ini harus kita awasi betul jangan sampai anak terjerumus dan menjadi korban,” tukasnya.

Acara ini diisi dengan penampilan-penampilan dari Forum Anak Kota Padang dan komunitas-komunitas anak diantaranya Komunitas Anak Tanah Ombak Purus.

Selain itu, Pemko Padang juga memberikan penghargaan terhadap lembaga dan komunitas yang berkontribusi dalam pemenuhan hak anak serta pembinaannya. Diantaranya adalah, Ruang Anak Dunia (Ruandu), Komunitas Tanah Ombak dan Batalyon Infantri 133/Yudha Sakti.

Yang terakhir, merupakan bagian dari institusi TNI yang melakukan pembinaan terhadap anak jalanan. Batalyon 133/Yudha Sakti bekerja sama dengan Dinas Sosial Kota Padang melatih fisik dan mental anak-anak jalanan sehingga mampu mandiri dan tidak kembali ke jalan. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional