Close

Pemko Padang Goro Bersama, Mengubah Wajah Sungai Batang Arau menjadi Bersih dari Sampah

DESTINASI BARU— Jajaran Pemko Padang yang dipimpin Sekda Andree Algamar melakukan goro membersihkan sungai Batang Arau dari tumpukan sampah. Wako Hendri Septa menargetkan program 3 bulan mengubah wajah sungai Batang Arau bebas sampah, lebih indah dan cantik.

BATANG ARAU, METRO–Pemerintah Kota Padang memulai aksi menyiapkan program 3 bulan mengubah wajah Sungai Batang Arau yang berada di Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan. Upaya itu dimulai Minggu (16/10) pagi dengan dipimpin Sekre­taris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar.

Hadir mendampingi Asis­ten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi beserta sejumlah kepala OPD terkait di lingkup pemko setempat. Sementara puluhan personil dari BPBD, Sat Pol PP, DLH serta Damkar dan Dishub Kota Padang bersama relawan/ma­sya­rakat terlihat saling berjibaku dalam kegiatan gotong-royong tersebut.

“Alhamdulillah hari ini kita bersama-sama mela­kukan gotong-royong guna membersihkan Sungai Batang Arau. Kita punya pro­ject bagaimana selama tiga bulan ke depan bisa mengubah wajah sungai tersebut,” ungkap Sekda di sela gotong-royong.

Sekda Andree pun me­nga­ku sangat mengapresiasi kuatnya tekad semua pi­hak dan masyarakat agar Sungai Batang Arau bisa menjadi sungai yang bersih dan indah.

“Maka itu kali ini di samping mengangkat tumpukan sampah yang mengapung, kita juga memfokuskan goro yaitu me­naikkan beberapa bangkai kapal yang ada di sepanjang bantaran sungai tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sekda Kota Padang menyebut, untuk lebih konkret setelah ini pihak Pemko Padang akan me­lakukan pertemuan de­ngan unsur Balai Wila­yah Sungai (BWS) Sumatera V dan PT Pelindo II Teluk Bayur.

“Semoga dengan sinergi bersama itu kita mampu merubah wajah Sungai Batang Arau ini menjadi sungai yang bersih dari sampah, airnya jernih, indah dan cantik dipandang mata tentunya.”

“Mudah-mudahan sungai yang berbatasan langsung dengan Pantai Pa­dang tersebut menjadi destinasi wisata baru di Kota Padang. Jadi wisa­tawan juga bisa berwisata ke sini, dan itu akan memberikan dampak positif terutaam peningkatan pe­rekonomian masyarakat setempat. Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan Sungai Batang Arau ini demi untuk kesejahteraan ma­sya­rakat,” pungkas Sekda.

Dalam kesempatan itu hadir sejumlah kepala OPD di lingkup Pemko Padang diantaranya Kalaksa BPBD Endrizal, Kepala DLH Mairizon serta Kepala Dinas Kelautan dan Pangan Gus­wardi dan Kasat Pol PP Mursalim.

Selain itu juga terlihat Kepala Dinas Damkar Budi Payan, Kepala Dishub Yudi Indra Sani, Plt Kepala Dinas Kominfo Al Amin serta Camat Padang Selatan Jasman dan Lurah se-Kecamatan Padang Selatan. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top