Close

Pemko Gelar Pembinaan di Kelurahan Pakan Kurai

BUKITTTINGGI, METRO–Forum Kota Sehat (FKS) Kota Bukittinggi, mulai melaksanakan pembinaan terhadap Pokja Kelurahan Sehat, di mana pembinaan pertama dilaksanakan di Kantor Lurah Pakan Kurai, Jumat (05/11).

Ketua FKS Bukittinggi melalui Sekretaris, F. Ari Razi menjelaskan, pembinaan kepada Pokja Kelurahan Sehat, merupakan program rutin dari FKS. Program ini masuk dalam program kerja yang telah disusun saat awal dilantik 29 April 2021 lalu.

“Untuk pembinaan awal tentunya, dilakukan kepada Pokja Kelurahan Sehat, sebagai wadah bagi masyarakat di kelurahan atau yang bergerak di bidang usaha ekonomi, sosial budaya dan kesehatan, untuj menyalurkan aspirasi dan partisipasi dalam kegiatan yang disepakati,” ujar Ari.

Pokja kelurahan sehat, lanjutnya, memiliki fungsi memformulasikan kegiatan, melaksanakan dan memantau kegiatan kelurahan sehat, serta meng­gerakkan potensi yang ada di masyarakat.

Kami dari FKS tentu berharap banyak pada pokja kelurahan sehat. Pokja menjadi perpanjangan tantan utama dari FKS serta pemerintah kota, untuk menciptakan lingkungan dan masyarakat yang sehat,” ungkap Ari.

Ketua Pokja Keuraham Sehat Pakan Kurai, Zulkifli Joneva menyampaikan, kota sehat merupakan salah satu wadah atau organisasi untuk membantu pe­merintah menjadikan Bukittinggi sebagai kota sehat. Sehat yang dimaksud, sehat dalam segala aspek.

2017 lalu, Pakan Kurai masuk kategori kelurahan kumuh. Berkat kerjasama dengan Kotaku dan FKS serta dukungan pemerintah daerah, selama dua tahun anggaran, akhirnya Kelurahan Pakan Kurai menjadi kelurahan yang bersih dan sehat.

“Alhamdulillah Pakan Kurai makin hari main baik, drainase kita semakin teratur. Namun masih ada beberapa persoalan, seperti air bersih kurang lancar di daerah Sawah Paduan. Selanjutnya, kita berharap kedepan, akan ada bantuan dan solusi untuk air bersih tersebu, serta untuk rumah yang belum memiliki MCK. Sehingga kelurahan Pakan Kurai kedepannya semakin bersih dan sehat,” ujar Zulkifli.

Lurah Pakan Kurai Iqbal Meldi mengapresiasi langkah Forum Kota Sehat Bukittinggi dalam pem­binaan pokja kelurahan sehat di kelurahan Pakan Kurai. Informasi yang disampaikan, tentunya menjadi ilmu yang bermanfaat untuk mewujudkan Bukittinggi sebagai kota sehat.

“Terima kasih pada FKS yang memberikan bimbingan dan pembinaan untuk pokja kelurahan sehat. Ilmu yang dibutuhkan terkait kota sehat, sehingga ada garis lurus dari kota sehat tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan,” ungkap Iqbal.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan diskusi, dimana ada beberapa muncul persoalan yang menjadi catatan penting bagi FKS untuk disampaikan pada pemerintah darah. Pada pertemuan ini, juga dihadiri tim pembina dari dinas kesehatan, melalui Kasi Kesling, Kesja-or DKK, Elsya Gusnarita. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top