Menu

Pemko Diminta Serius Petakan Potensi PAD

  Dibaca : 80 kali
Pemko Diminta Serius Petakan Potensi PAD
PIMPIN RAPAT— Rapat Paripurna DPRD Sawahlunto yang dipimpin Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu.

SAWAHLUNTO, METRO
DPRD Sawahlunto gelar rapat paripurna untuk rekomendasi terhadap Laporan Pertanggunjawaban Kepala Daerah Sawahlunto tahun 2020, Kamis kemarin. Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu.

DPRD Sawahlunto menyoroti rendahnya PAD Sawahlunto hanya 10,31 persen terhadap pendapatan daerah, artinya kemandirian Sawahlunto masih rendah. Sementara kontribusi dana perimbangan sebesar 77,22 persen dan sisanya berasal dari kontribusi lain-lain sebesar 12,45 persen. DPRD Sawahlunto merekomendasikan agar pemerintah Sawahlunto lebih serius dan memetakan potensi dan perumusan strategi peningkatan pendapatan asli daerah, dengan berupaya keras dalam peningkatan sektor riil perekonomian.

Dibidang Kesehatan dan terkait pandemi agar perlu strategi pembiayaan dan pengembangan sekaligus proyeksi peningkatan pendapatan RSUD Sawahlunto, untuk peningkatan pelayanan dan kualifikasi RSUD Sawahlunto. Ditambah dengan memperhatikan Pustu, karena banyak Pustu yang rusak padahal warga lebih senang datang ke Pustu daripada rumah sakit dengan alasan takut tertular Covid-19.

Terkait penerangan lampu jalan yang banyak dikeluhkan masyarakat Sawahlunto. Tidak ada terjadi keterlambatan perbaikan lampu jalan dengan alasan belum selesainya proses pemindahan aset dari Dinas PUPR ke Dinas Perhubungan. Dan juga untuk Dinas PUPR disegerakan perbaikan jalan kota yang rusak dan berlobang sehingga tidak mempengaruhi keamanan berkendara.

Dan juga terkait Sawahlunto sebagai kota warisan dunia Unesco, maka pemerintah Kota harus melakukan upaya persuasif yang lebih intensif untuk mengambil alih kepemilikan aset aset warisan budaya dunia tersebut dan segera bersinergi dengan pemerintah Pusat untuk percepatan pembentukan badan pengelola.Pemerintah Sawahlunto harus membentuk Satgas Anti Rentenir, sebab banyak pedagang yang terjebak rentenir. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional