Menu

Pemko dan TNI Bantu Warga Kurang Mampu, 19 Rumah Layak Huni Dibangun di Kota Solok

  Dibaca : 1718 kali
Pemko dan TNI Bantu Warga Kurang Mampu, 19 Rumah Layak Huni Dibangun di Kota Solok
SERAHKAN SEKOP— Wako Solok, Zul Elfian menyerahkan sekop kepada salah seorang anggota TNI dalam program Manunggal Bhakti TNI Pengentasan Kemiskinan (Mantitentaskin) tahun 2018.

Pemko Solok menggandeng Kodim 0309/Solok membangun rumah layak huni bagi warga kurang mampu. Rencananya, 19 unit Rumah Layak Huni (RLH) dalam program Manunggal Bhakti TNI Pengentasan Kemiskinan (Mantitentaskin) tahun 2018 akan dibangun di Kota Solok.

Dari perencanaan, 19 unit rumah yang akan dibangun terdiri dari 15 unit RLH yang didanai melalui APBD Kota Solok, ditambah 4 unit rumah sumbangan dari Forkompinda, gabungan OPD, Korpri dan Dinas PUPR.

Wali Kota Solok, Zul Elfian mengatakan, total keseluruhan akan bangun 19 unit rumah bagi keluarga kurang mampu. Program ini merupakan bentuk kebersamaan antara Pemko, TNI dan pihak lain dalam membantu masyarakat ekonomi kurang mampu. “TNI tidak saja memiliki kekuatan dibidang keamanan, namun juga kekuatan sosial masyarakat,” ujarnya.

Zul Elfian menambahkan, Pemko Solok berkerjasama dengan pihak TNI tidak hanya kali ini saja, namun sudah banyak kegiatan bersama yang dilakukan. Seperti, dibidang pertanian dan program lainnya. Dan ini menjadi kekuatan dimana pekerjaan berat jadi ringan dengan adanya peran aktif dari banyak pihak.

Dandim 0309/Solok, Priyo Iswahyudi menyebutkan, kegiatan Manunggal Bhakti TNI ini beranjak dari keresahan Pemko Solok dan seluruh forkopimda Kota Solok melihat kenyataan masih banyaknya masyarakat miskin di Kota Solok.

Sebenarnya, lanjutnya, kegiatan ini adalah kegiatan yang mengangkat kearifan lokal nenek moyang dulu yakni gotong royong. Salah satu faktor timbulnya kepedulian kepada saudara yang masih mengalami kesulitan, seperti rumah yang layak huni. “Mudah-mudahan kegiatan Manunggal Bhakti TNI ini dapat menginspirasi saudara dan rekan kita yang lain. Sehingga harapan kita bersama, di Kota Solok tidak ada lagi rekan kita yang ketinggalan,” harapnya.

Ketua panitia pencanangan, Jefrizal melaporkan, jenis kegiatan Bakti Manunggal TNI ini ialah rehab rumah tidak layak huni serta pembinaan mental spiritual bagi masyarakat miskin. Kegiatan ini diharapkan akan dapat membantu masyarakat miskin untuk memiliki rumah layak huni dan membantu penanggulangan kemiskinan serta pembinaan mental spiritual masyarakat miskin di Kota Solok.

Diharapkan kegiatan yang digagas Pemko Solok bisa menjadi solusi dalam menurunkan angka kemiskinan di Kota Solok. Dan dampaknya langsung terasa bagi masyarakat. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional