Menu

Pemko Berpeluang Bangun SPBU, Perumda PSM Direncanakan jadi Pengelola

  Dibaca : 472 kali
Pemko Berpeluang Bangun SPBU, Perumda PSM Direncanakan jadi Pengelola
Ilustrasi

SAWAHAN, METRO
Wakil Ketua DPRD Padang, Ilham Maulana mengatakan, bahwa ada peluang pembangunan SPBU milik Pemko Padang sendiri. Menurutnya, anggaran tranportasi Pemko Padang dalam sebulan capai Rp 6 miliar mulai dari Wali Kota Padang hingga jajarannya.

Direncanakan SPBU Pemko Padang ini dikelola oleh Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM) yang diatur dalam Ranperda Perubahan Perda Nomor 11 tahun 2014 tentang Perumda PSM. “Salah satunya membuat SPBU, karena Pemko Padang dalam satu bulan anggaran untuk tranportasi sekitar Rp 6 miliar untuk minyak. Mulai dari Wali Kota sampai lurah,” kata Ilham Maulana, Selasa (15/9).

Ilham menjelaskan, jika Perusda PSM mengelola SPBU, maka pemasukan Rp 6 miliar tersebut masuk ke kantong Pemko Padang. Pemko Padang juga memiliki aset lahan yang tidak dipakai lagi, seperti di Jalan Raden Saleh dan bisa dikelola menjadi SPBU yang memenuhi standarnya.

“Dengan adanya SPBU ini nantinya juga menguntungkan Trans Padang dan mobil pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup Padang,” tandasnya.

DPRD Padang sendiri, melalui panitia khusus atau pansus I telah melakukan pembahasan Ranperda tentang Perumda Padang Sejahtera Mandiri atau PSM. Pembahasan Ranperda Perubahan Perda Nomor 11 tahun 2014 ini dilakukan bersama Bagian Perekonomian, Perusda PSM, dan jajaran Pemko Padang lainnya, Selasa (15/9) di gedung DPRD Padang.

Ilham mengatakan ranperda tersebut diubah untuk menyesuaikan dengan aturan Kemendagri. “Kemudian apa saja kebutuhan anggaran oleh Perumda PSM setiap tahunnya, nanti disampaikan juga dalam perda agar dapat menambah pendapatan asli daerah atau PAD,” beber Ilham.

Ilham mengungkapkan, dengan pembahasan Ranperda Perumda PSM tersebut, bisa meningkatkan PAD. Kemudian, dengan pembahasan ini diketahui anggaran yang benar-benar dibutuhkan oleh PSM.

“Berapa sih sebenarnya kebutuhan anggaran Perumda PSM, sebab saat ini ada Rp15 miliar. Namun Rp6 miliar diantaranya aset berharga. Jadi dalam perda ini harus dijelas juga kebutuhan PSM, sebab perda ini hanya bisa diubah sekali lima tahun,” sebutnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional