Menu

Pemko belum Terapkan Sanksi Denda Perda AKB

  Dibaca : 103 kali
Pemko belum Terapkan Sanksi Denda Perda AKB
Alfiadi, Kepala Satpol PP Padang

TAN MALAKA, METRO
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah menyetujui Perda Sumatera Barat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Perda tersebut sudah mendapatkan nomor registrasi 6-124/2020 dan telah menjalani proses administrasi selanjutnya sesuai aturan berlaku.

Meski begitu, Pemko Padang belum akan menerapkan sanksi yang tertuang dalam Perda AKB tersebut. Kepala Satpol PP Padang, Alfiadi mengatakan, Perda AKB masih perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Ini dimaksudkan agar masyarakat sadar akan pentingnya protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Setelah sosialisasi tersebut ungkapnya, masyarakat diharapkan benar-benar ikut dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Yaitu, dengan cara tetap mengunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

“Kita masih melakukan operasi yustisi dengan aparat gabungan. Bagi yang melanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker akan dikenakan sanksi sosial berupa kerja sosial membersihkan fasilitas umum,” tukas Alfiadi, Sabtu (3/10).

Adapun sanksi yang diberikan berdasarkan Perda AKB yakni jika kedapatan melanggar sanksi administrasi lebih dari satu kali maka akan dikenakan sanksi pidana berupa kurungan paling lama 2 hari atau denda sebesar Rp 250.000.

Begitu juga terhadap tempat-tempat usaha, jika melanggar aturan akan dikenakan denda sebesar Rp15 juta atau kurungan paling lama 1 bulan. Bahkan bisa penghentian sementara kegiatan, pembekuan sementara izin dan pencabutan izin. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional