Menu

Pemkab Tanah Datar Anggarkan Bantuan, Sektor Pendidikan jadi Prioritas

  Dibaca : 58 kali
Pemkab Tanah Datar Anggarkan Bantuan, Sektor Pendidikan jadi Prioritas
FOTO BERSAMA—Penerima bantuan foto bersama Bupati Eka Putra di Indojolito.

TANAHDATAR, METRO–Mengingat sektor pen­didikan salah satu sektor prioritas pembangunan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar setiap tahun terus menganggarkan ban­tuan pendidikan bagi anak dari  kurang mampu untuk melanjutkan pen­didikannya.  “Alham­dulil­lah, tahun 2021 ini, 541 mahasiswa dan pelajar dibantu biaya pendidi­kan­nya dengan total biaya Rp1,2 Milyar lebih,” kata Bupati Eka Putra Rabu (18/8/2021) di Indojolito Batu­sangkar saat menyerah­kan bantuan sosial secara simbolis kepada per­wa­kilan mahasiwa, pelajar serta pengurus masjid dan pengurus organisasi yang turut dihadiri Kakan Ke­menag Batusangkar, ke­pala OPD, Ketua Baznas dan undangan lainnya.

Disebutkan Bupati Eka Putra, tahun 2021 ini Peme­rintah Daerah juga mem­berikan dana hibah kepada masjid, lembaga atau orga­nisasi masyarakat.  “Ada 46 bantuan dana hibah yang juga diserahkan secara simbolis kepada pengurus masjid, lembaga dan orga­nisasi dengan total ang­garan sebesar Rp2 Milyar lebih. Khusus hibah untuk masjid adalah bantuan yang diberikan ketika kun­jungan tim safari rama­dhan, sedangkan kunju­ngan tim ramadhan khusus Bu­pati dan Wabup akan direa­lisasikan pada ang­garan perubahan,” tambah Eka.

Secara khusus bupati berpesan kepada maha­siswa dan pelajar pene­rima bantuan untuk terus semangat menuntut ilmu setinggi mungkin. “Tuntut ilmu setinggi-tingginya, kalian adalah harapan ma­syarakat Tanah Datar di masa depan, persiapkan diri sebaik-baiknya meng­hadapi Indonesia Emas pada 100 tahun Indonesia Merdeka tahun 2045 dan jangan lupa jaga akhlaq,” pesan bupati.

Sebelumnya Kabag Kes­ra Afrizon menyam­paikan, bahwa tahun sebe­lumnya kegiatan ini berada dalam wewenang Dinas Pendidikan dan Kebu­da­yaan.  “Sesuai regulasi dan aturan berlaku, kegiatan ini dipindahkan ke Bagian Kes­ra dan Alhamdulillah proposal yang masuk dari 2019 dan 2020 bisa kita realisasikan tahun 2021. Dimana total bantuan so­sial ini totalnya sebesar Rp3.269.503.000,” ujarnya.

Afrizon menambahkan, bantuan sosial untuk biaya pendidikan tersebar di selu­ruh kecamatan di Kabu­paten Tanah Datar.  “Se­baran penerima bansos pendidikan adalah di Keca­matan X Koto ada 170 orang, Batipuh 30 orang, Bati­puh Selatan 12 orang, Pa­ria­ngan 52 orang, Ram­batan 45 orang, Lima Kaum 50 orang, Tanjung Emas 132 orang, Padang Ganting 42 orang, Lintau Buo 16 orang, Lintau Buo Utara 32 orang, Sungayang 14 orang, Su­ngai Tarab 34 orang, Sa­limpaung 54 orang dan Tanjung Baru 11 orang se­hingga total ada 541 orang,” sebutnya Afrizon.

Untuk penerima ban­tuan pendidikan secara simbolis diterima Nindya Nuriesta Prilly mahasiswa semester 7 Jurusan Kese­hatan Masyarakat Universitas Indonesia sementara hibah  untuk masjid dite­rima Pengurus Masjid Raya Rambatan. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional