Menu

Pemkab Solsel Salurkan 9 Ekor Sapi untuk Kurban

  Dibaca : 119 kali
Pemkab Solsel Salurkan 9 Ekor Sapi untuk Kurban
SERRAHKAN—Sekdakab Solsel H Yulian Efi menyerahkan sapi kurban dari Perusahaan dan OPD kepada pengurus untuk disalurkan kepada penerima nya.

SOLSEL, METRO
Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menyalurkan 9 ekor sapi kurban pada Idul Adha pada tahun 1441 H/ 2020 M ini. Dimana 9 ekor sapi tersebut berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab setempat, serta berbagai perusahaan yang ada di Solsel.

Sejumlah perusahaan yang turut menyalurkan hewan kurbannya kepada masyarakat melalui Pemkab Solsel yakni PT Supreme Energy Muaro Laboh, PTPN VI, TKA, BPSJ, Kencana Sawit Indonesia, serta PT. SJAL.

Penyerahan hewan kurban dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Solsel H Yulian Efi kepada masyarakat penerima di halaman Kantor Bupati di Timbulun, Rabu (29/7). Turut hadir dalam penyerahan tersebut Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda.

Sekdakab Solsel H Yulian Efi, menyampaikan pesan agar hewan-hewan kurban tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar tempat pemotongan.

Kemudian terkait hari pemotongan, Sekdakab menyerahkan sepenuhnya kewenangan tersebut kepada para pengurus.

“Untuk pelaksanaan pemotongan diserahkan kepada pengurus yang menerima sapi, tapi yang terpenting adalah masyarakat yang berada di sekitar lokasi mendapatkan bagian sesuai dengan peruntukannya,”ujarnya.

Untuk itu, dia mengimbau panitia kurban dalam menyembelih hewan kurban sesuai syariat agama agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Manfaatkan sebaik-baiknya, dan dalam pelaksanaannya lakukanlah sesuai syariat islam, agar mendapat mendapat bagi masyarakat dan para mereka yang telah berkurban,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra, Sekretariat Daerah Solsel, Zuardi mengatakan, bahwa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini dikarenakan berbagai pertimbangan, Pemkab tidak melaksanakan pemotongan hewan kurban di halaman kantor bupati, dan semua hewan kurban disalurkan langsung ke masyarakat.

Pada tahun ini menurutnya, penyebaran hewan kurban juga difokuskan kepada Rumah Ibadah yang berada di sekitar Kantor Bupati, Panti Asuhan, Pondok Pesantren, serta Lembaga Pemasyarakatan, Yaitu di Mushalla Nurul Ikhlas Sungai Rambutan, Mushalla Raudhatul Jannah Lekok, Masjid Nurul Bhakti Timbulun, Masjid Khairul Hidayah Koto Tinggi, Panti Asuhan Babul Jannah Sungai Lambai, Panti Asuhan Muhammadiyah di Muara Labuh, Masjid Nurul Iman Bukit Patanahan, Lembaga Pemasyarakatan, serta Ponpes Darusshaleh Pekonina.

“Semua hewan kurban tersebut dibagikan langsung kepada masyarakat untuk disembelih di tempat masing-masing. Biasanya kita sebar ke berbagai kecamatan, namun tahun ini sedikit berbeda dimana kita bagikan kepada rumah ibadah sekitar Kantor Bupati, Ponpes, Panti Asuhan, dan juga Lembaga Pemasyarakatan,”katanya.

Plt. Bupati Solsel Abdul Rahman dalam arahannya sebagaimana yang disampaikan Kabag Kesra mengatakan agar masyarakat penerima kurban dapat memanfaatkan hewan kurban tersebut sebaik mungkin.

Selaku pimpinan daerah, ia juga mengucapkan terima kasihnya yang mendalam kepada seluruh perusahaan yang telah berkontribusi ikut berbagi pada hari raya idul adha kali ini.

“Terima kasih kepada seluruh perusahaan dan OPD yang telah berkontribusi untuk berbagi di hari idul adha ini, semoga ini menjadi ladang amal,”jelasnya.

Pengurus masjid Nurul Bhakti Timbulun, Nggak, menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan kepada mereka untuk turut menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat “Terima kasih, semoga pihak-pihak yang telah berkurban tersebut senantiasa diberikan kesehatan, keimanan, dan juga kelebihan rezkinya hendaknya,”pungkasnya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional