Close

Pemkab Solsel Peringati Haornas ke-39

PERINGATI--Pemerintah Kabupaten Solok Selatan peringati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke -39 Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Minggu (11/09).

Padangaro, METRO–Pemerintah Kabupaten Solok Selatan peringati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke -39 Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Minggu (11/09).

Pada momen peringatan Haornas tersebut, Pemkab berikan apresiasi kepada atlet, putra putri terbaik Solok Selatan yang telah mencetak prestasi dan mem­banggakan kabupaten.

Penghargaan diberikan kepada sepuluh (10) orang yang telah berhasil memperoleh empat me­dali emas, empat medali perak dan dua medali perunggu pada ajang perlombaan olahraga nasional dan tingkat Sumatera Ba­rat.

Medali yang diperoleh skala nasional sebanyak tujuh medali, dengan rincian dua medali emas, empat perak dan satu perunggu. Perolehan prestasi tersebut a­dalah mewakili Sumatera Barat dalam gelaran even  Federasi Olahraga Nasional (Fornas) ke-VI cabang Induk Olahraga Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia (INORGA AKTI) di Jakabaring, Palembang pada bulan Juli 2022 lalu.

Sementara itu, tiga medali lain diperoleh dalam Kejuaraan Pro­vinsi Karate FORKI Tingkat Suma­tera Barat pada Bulan Agustus 2022, dengan rincian dua emas dan satu perunggu.

Bupati Solok Selatan, Khairunas yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI mengatakan peri­ngatan Haornas ditandai dengan bangkitnya ekonomi dan produktifitas masyarakat melalui olahraga.

Kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama dalam mencetak juara di bidang olahraga dalam proses­n­ya sangatlah Panjang. Diawali melalui pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science.

Salah satu upaya dan komitmen Pemkab Solok Selatan dalam menggairahkan olahraga adalah dengan menggelar even rutin se­tiap minggu, yaitu Car Free Day (CFD), dan Gowes bersama setiap bulannya.

Hal tersebut telah selaras de­ngan optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Dimana gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua la­pisan masyarakat sehingga olah­raga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup.

Peringatan Haornas ke-39 Ta­hun 2022 di Solsel juga dibarengi dengan pelaksanaan Car Free Day (CFD) yang diawali dengan senam bersama di halaman Kantor Bupati.

CFD kali ini juga turut dimeriahkan dengan penampilan Perkusi dan Pencak Silat dari siswa siswi SMPN 14 Solok Selatan. Tak lupa doorpice bagi peserta yang beruntung yang disedikan oleh Pemkab Solsel, PDAM Tirta Saribu Sungai dan Bank Nagari.

Peringatan Haornas juga turut diikuti Wakil Bupati H YulianEfi, Sekdakab Dr. Syamsurizaldi, Asisten, Staf ahli, Kepala OPD serta ratusan pelajar dan masyarakat yang ikut memeriahkan. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top