Close

Pemkab Solsel Gelar Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana

FOTO BERSAMA—Sekdakab Dr Syamsurizaldi foot bersama usai membuka pelatihan pencegahan dan mitigasi kebencanaan kemarin.

PADANG ARO, METRO–Bencana bisa datang kapan saja, upaya menghadapi hal tak terduga tersebut, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan me­lalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mem­berikan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana. Pelati­han ini ditujukan bagi perangkat jo­rong sebagai pemerintahan ter­depan dalam melayani ma­syarakat.

Bupati Solok Selatan yang diwakili Sekdakab Dr Syam­surizaldi mengatakan pence­gahan dan mitigasi bencana sa­ngat penting, khususnya bagi wali jorong yang nantinya akan men­ja­di pemerintahan terde­pan da­lam mempersiapkan masyara­kat untuk menghadapi bencana.

“Untuk mewujudkan ma­sya­rakat tangguh bencana, pe­rangkat jorong diharapkan da­pat mengedukasi masya­rakat dalam mengenal anca­man dan potensi bencana di sekitar tempat tinggalnya,” kata Syam­s­urizaldi di Hotel Pesona Alam Sangir, Rabu (23/11).

Dalam laporannya, Kalasa BPBD Solok Selatan, Novi Hen­drik mengatakan pelatihan ini diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari perwakilan beberapa jorong se-kabupaten. “Kegiatan ini menghadirkan narasumber berasal dari BPBD Provinsi Sumatra Barat, BMKG Padang Panjang serta dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kerinci Seb­lat.

Bencana dan langkah-lang­kah penanggulangannya perlu mendapat perhatian, terutama pengetahuan tentang mana­jemen bencana yang terdiri dari tahapan pra bencana, saat terjadinya bencana serta pasca bencana.” ujar Novi Hendrik.

Tahapan Pra Bencana kata Novi Hendrik terdiri dari pen­cegahan, mitigasi, kesiapsia­gaan dan peringatan dini terha­dap bencana. Kemudian saat terjadi bencana, bagaimana penanganan tanggap darurat yang harus secara cepat dila­kukan dan bantuan akibat ben­cana tersebut.  “Tahapan Pasca Bencana merupakan serang­kaian tahapan pemulihan, reha­bilitasi dan juga rekonstruksi,” katanya. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top