Close

Pemkab Sijunjung – BPJS Ketenagakerjaan Jalin MoU, Fasilitasi Perlindungan Jaminan Sosial bagi Masyarakat

PERLIHATKAN MOU— Surat MoU usai penandatanganan MoU antara Pemkab Sijunjung dengan BPJS Ketenagakerjaan disaksikan Sekda Dr Zefnihan AP MSi dan Kacab BPJS Ketenakerjaan Cabang Solok.

SIJUNJUNG, METRO–Bentuk kepedulian terhadap perlindungan jaminan sosial tenaga kerja mandiri atau sektor informal di Kabupaten Sijunjung, pemerintah daerah menjalin kerjasama melalui MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok. Melalui kerjasama tersebut, Pemkab Sijunjung memfasilitasi jaminan perlindungan sosial bagi masyarakat di Ranah Lansek Manih. Dimana nantinya masyarakat yang bekerja secara informal ataupun mandiri juga memiliki jaminan sosial.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) itu dilaksanakan di kantor Bupati Sijunjung. Program tersebut sebelumnya sudah digodok oleh Pemkab Sijunjung untuk mewujudkan kesejahteraan masyara­kat Sijunjung. Penandatangan MOU itu disaksikan oleh Sekda Sijunjung, Dr.Zefnihan, AP. MSi didampingi pihak Dinas Ketenagakerjaan, Sugeng Pamular. Sedangkan dari pihak BPJS diwakili Kacab BPJS Solok Ferama Putri.

Sekda Zefnihan berharap, dengan adanya jaminan sosial masyarakat lebih nyaman da­lam beraktifitas sehari-hari, dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. “Kita berharap kerjasama ini berkelanjutan karena akan berdampak terhadap perlindungan sosial bagi ma­sya­rakat kita di Sijunjung,” harap Sekda Zefnihan, kemarin.

Dijelaskannya, program yang digagas Pemkab Sijunjung itu ditujukan untuk tenaga kerja mandiri atau pekerja informal di Kabupaten Sijunjung, yang bukan penerima upah.

“Ini bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada ma­sya­rakat. Meskipun tidak bekerja di perusahaan atau lembaga pemerintah, masyarakat tetap bisa mendapatkan jaminan perlindungan sosial. Seperti pekerja mandiri maupun informal, termasuk untuk rekan-rekan wartawan ini,” paparnya.

Program itu didanai melalui APBD Kabupaten Sijunjung. “Ini meliputi ketenagakerjaan sektor pertanian, keagamaan, sektor jasa dan lainnya. Dimana selama ini belum ada perlindungan jaminan sosial, sekarang kita adakan. Kita berharap ini bisa memberikan rasa nyaman bagi masyarakat,” ungkap Sekda Sijunjung.

Untuk diketahui, program jaminan perlindungan sosial bagi masyarakat merupakan inovasi baru yang dicanangkan Pemkab Sijunjung, serta merupakan wujud visi-misi Bupati Sijunjung Benny Dwifa dan W­a­bup Iraddatillah. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top