Close

Pemkab Pessel Targetkan 2.000 Warga Divaksinasi setiap Hari

Bupati Pessel Rusma Yul Anwar.

PESSEL, METRO–Forum Koordinasi Pim­pinan Daerah (Forkopimda) Pesisir Selatan siap mendukung program nasional vaksinasi Covid-19, khususnya di wilayah hukum Polres Pessel.

Bupati Pessel Rusma Yul Anwar mengatakan, Pemkab komit dan fokus mewujudkan Pessel 2000 ribu per hari pelaksanaan vaksinasi.

Komitmen itu ditunjukan Rusma Yul Anwar dengan mengeluarkan surat edaran pada sekolah, penerima PKH, honor, perangkat nagari wajib mengi­kuti vaksinasi. “ Kita intruksikan seluruh OPD, Camat dan Walinagari terus bergerak ke bawah mensosialisasikan vaksinasi pada warga,” kata Bupati.

Dandim 0311 Pessel Letkol Infa. Gamma Artha­dila Sakti menegaskan jika Kodim 031 Pessel, dan Koramil serta Babinsa siap bahu membahu bersama Forkpimda melakukan sosialisasi percepatan vaksinasi di ting­kat bawah.

Gamma juga meng­apre­siasi langkah cepat pe­me­rintah daerah, Bupati Pessel Rusma Yul Anwar dengan me­nge­luarkan surat edaran pada OPD, Camat dan Wa­li­nagari untuk melaksanakan vaksinasi. Dan, itu telah dilaksanakan di­ba­wah.  “Jangan takut untuk di vaksinasi, jangan percaya isu hoax kalau vaksinasi itu berbahaya. Edukasi terus dilakukan bersama For­kopimda untuk me­nga­jak masyarakat, pelajar untuk vaksinasi,” ungkap Dandim.

Dan, Gamma sejak TNI khususnya Kodim 0311 Pes­­sel dilibatkan dalam percepatan penanganan Pandemi Covid -19 dan percepatan pelaksanaan Vaksinasi telah mengintruksikan pada jajaran Koramil dan Babinsa turun ke ba­wah melaksanakan hal itu.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.I.K, M.H menuturkan, akan me­lak­sanakan kegiatan gebyar vaksinasi massal di masing – masing satuan, dan polsek – polsek. Dan, ditargetkan di wilayah hukum Polres Pessel 2000 ribu pelaksanaan vaksin. Pada jajaran Polsek, Koramil, Camat dan Pus­kesmas di­du­kung kompo­nen masya­rakat bersama – sama me­nyukseskan program vak­sin

Wakil Ketua DPRD Pessel Hakimin, SH juga Sekretaris DPC. Partai Gerindra Pessel menegaskan jika DPC. Partai Gerindra Pessel mendukung penuh pelaksanaan percepatan penanganan pendemi Covid -19 di Pessel, dan pelaksanaan  vaksinasi.

Dikatakan Hakimin, penolakan untuk penggadaan mobil dinas komisi I, II, III dan IV DPRD Pessel, pengadaan 4 mobil dinas pimpinan DPRD Pessel serta renovasi 9 ruangan Fraksi DPRD Pessel salah satu bentuk komitmen Partai Gerindra dalam mendukung percepatan penanganan Covid -19 di Pessel.

Sedangkan Ketua DPD. Partai NasDem Pesisir Selatan H. Aprial Abas juga Wakil Ketua DPRD Pessel mengungkapkan, jika DPD. Partai NasDem, Pesisir Selatan dalam setiap reses bersama Fraksi NasDem DPRD Pessel dan kader partai NasDem agar tidak henti memberikan edukasi pada masyarakat agar ti­dak takut untuk di  vaksin. “ Vaksin penting dalam Herd Immunity,”.

Aprial Abas mengingatkan jika anggaran untuk pe­nanganan Covid -19 agar benar – benar di optimalkan penanganan Covid -19. Langkah, DPD. Partai NasDem Pessel telah turun melakukan himbuan dan sosialiasi, seperti pem­­bagian masker dan lai­nya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel Suhendri, dinas pendidikan dan kebudayaan Pessel telah mengeluarkan surat edaran ke sekolah ( SMP) agar mela­kukan koordinasi dengan pukesmas untuk melaksa­nakan vaksinasi.

Edukasi juga dilaksanakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan, dan kepala sekolah  pada orang tua murid dan murid untuk bersama – sama betapa pentingnya vaksinasi. Dan dalam setiap kali kegiatan Bupati Pessel turun ke se­kolah – sekolah bisa menjadi semangat peserta didik untuk melaksanakan vaksinasi.  “ Bupati Pessel ingin tatap muka penuh, tapi harus pencapaian vaksinasi diatas 80 persen. Maka seluruh pihak seko­lah, orang tua murid dan murid harus ikut mendukung,” ajak Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pessel.  Hingga sampai saat ini pencapaian vaksinasi di tingkat pelajar ( SMP) di Pessel mencapai 20 persen.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Pendudk dan Keluarga Berencana, Pessel Wendi, SH menuturkan, jika walinagari wajib menggarkan 8 % dari Dana Desa ( DD) untuk penanganan Covid -19. Untuk tahun 2021 Dana Desa digelontorkan ke nagari – nagari sebesar Rp167 Miliar.

Dari 8 persen itu diluar anggaran untuk BLT sebanyak 4500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp300.000/bulan. Dan, ang­ga­ran 8 persen itu diguna­kan untuk penyediaan rumah isolasi mandiri, pengadaan alkes, honor/transportasi Satgas, sambung Wendi.

Wali Nagari Simpang Lamo, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pessel  Harkis akan melaksanakan intruksi telah oleh pemerintah daerah dan pihak terkait dalam percepatan penanganan Covid -19 dan percepatan vaksinasi di Pessel, khususnya di nagarinya.  (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top