Close

Pemkab Pessel Gelar Siaga Gabungan Percepatan Capaian Vaksinasi

SAMBUTAN—Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo saat berikan sambutan.

PESSEL, METRO-Pemerintah Daerah, Pesisir Selatan bersama Forkopimda setempat terus berupaya terus mengenjot pencapaian vaksinasi Covid -19, di Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten dengan julukan negeri sejuta pesona. Salah satunya dengan apel siaga bersama percepatan vaksinasi.

Apel siaga percepatan capaian Vaksinasi di Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (17/11) di Gedung PCC,­ Painan, Kabupaten Pesisir Selatan dihadiri Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah,  Ke­tua DPRD Pessel Ermizen, dan Forkopimdan Pessel.

Dalam kata sambutanya, Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah menyampaikan, Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan bersama Fokom­pimda mengeluarkan Surat Edaran Bersama tentang Wajib Vaksin Bagi Ma­sya­rakat Kabupaten Pesisir Selatan.

Dikatakan Wabub Pessel. dalam surat edaran tersebut, tertulis berdasarkan peraturan presiden Repuplik Indonesia No. 14 tahun 2021 tentang perubahan atas peraturan presiden Repuplik Indonesia No. 99 Tahun 2020 tentang pengadaan Vaksin dan pe­lak­sanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease ( Covid 19 ), maka dengan ini disampaikan seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan yang berumur 12 tahun keatas, wajib mengikuti vaksin di pusat-pusat pelayanan.

Untuk itu, Setiap Pemberian Jaminan Sosial atau Bantuan Sosial (PKH, Sembako, KIS, RTLH, KIP, dan Lain-lainnya) dan pelayanan di kantor-kantor Pemerintahan ( kantor Wali Nagari, Sekolah, KUA, Kantor Camat, kantor Koramil, kantor Polsek, Pukesmas, Pustu, Puskesri, Kantor Pemerintah Daerah Pesisir Selatan, kantor Polres, kantor Kodim, kantor Kejaksaan Negeri, Kantor Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Perbankan, kantor BUMN/D, dan Kantor instansi-instansi Pemerintah lainnya yang melakukan pelayanan publik )

Wajib Memperlihatkan, Sertifikat dan Kartu Vaksinasi 1 dan Vaksinasi 2, dan surat keterangan dari dokter pemerintah atau hasil Screening oleh tim medis bagi yang tidak diperbolehkan Vaksin Covid-19.

Surat Edaran Bersama tersebut di tandatangani oleh Bupati diwakili oleh Wabup Pesisir Selatan Rudi Hariansyah dan Forkompimda Pesisir Selatan di saksikan oleh Camat, Wali Nagari Sekabupaten Pesisir Selatan dan Undangan.

Dalam Arahannya, Wa­­kil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariansyah Mengatakan Upaya untuk Me­mi­nimalisasi penularan Covid 19 serta mewujudkan Herd Imunity terus kita gencarkan supaya Target Vaksinasi di Kabupaten Pesisir Selatan tercapai.

“Hari ini kita telah Tangantangani Surat Edaran Bersama Forkopimda ma­ka bagi Masyarakat penerima jaminan sosial,  bantuan sosial dan mengurus surat di kantor Pemerintahan diwajibkan Vaksin,” tegas Wabub Rudi Hariansyah.

Lanjutnya, Pemkab terus berkolaborasi dengan Forkopimda untuk Percepatan tercapainya Herd Immunity di kabupaten Pesisir Selatan. “Mari kita bersama-sama bergerak untuk Percepatan Vaksinasi di Kabupaten Pesisir Selatan, kalau kita bersama kita yakin Target Capaian Vaksinasi akan kita capai,” tekuknya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Pesisir Selatan Ermizen  mengungkapkan, DPRD Pesisir Selatan bersama fraksi di DPRD Pessel dan anggota DPRD Pessel akan bersama – sama dengan Eksekutif dan Yudikatif da­lam mendorong percepatan vaksinasi di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kedepan Ermizen me­lalui sekretariat DPRD Pessel segera menggelar rapat bersama dengan pimpinan DPRD Pessel yang lain termasuk rekan – rekan anggota dewan. Untuk menentukan langkah selanjutnya.  “Sesuai hasil koordinasi dengan Kapolres Pessel, nantinya seluruh anggota DPRD Pessel akan kita berikan target dalam mendukung percepatan vaksinasi di Kabupaten Pessel,” sampai Ermizen.

Namun begitu, Ia belum bisa menerangkan be­rapa target setiap anggota DPRD Pessel dalam percapatan vaksinasi di Pesisir Selatan, kata nya. Lebih lanjut Ermizen juga mengapresiasi telah dilaksanakan oleh tim satgas Covid -19 Kabupaten Pessel, Ka­polres  dan seluruh istansi terkait telah cukup gencar dalam melaksanakan vaksinasi di Kabupaten Pesisir Selatan.

Pencapaian vaksinasi di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan menjadi fokus Polres Pesisir Selatan bersama Forkopimda Pesisir Selatan, tidak main – main pelaksanaan pencapaian vaksinasi di wilayah hukum nya.

Agar nantinya akhir tahun pencapaian vaksinasi di Pessel mencapai 85 %, AKBP. Sri Wibowo, S.IK.MM mengajak seluruh kekuatan yang ada bergandeng tangan. Termasuk peran aktif dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

“Semua pihak masya­rakat, perangkat Nagari, Pemda, TNI , instansi pemerintah sampai dukungan wakil rakyat untuk ber­jibaku mewujudkan herd imunity Kabupaten Pe­sisir Selatan,” tegas diri­nya pada media.

Sementara itu, Dandim 0311 Pessel Letkol Inf. Moch­ Suherli menegaskan jika Kodim 0311/ Pessel, dan Koramil serta Babinsa siap bahu membahu bersama Forkpimda Pessel terus melakukan sosialisasi percepatan Vaksinasi di tingkat bawah.

Dan, diirnya juga mengapresiasi langkah cepat pemerintah daerah, Pesisir Selatan dan Polres Pessel dalam percepatan vaksinasi. “ Jangan takut untuk di vaksinasi, jangan percaya isu hoax kalau vaksinasi itu berbahaya. Edukasi terus kita lakukan bersama Forkopimda untuk me­nga­jak masyarakat, pelajar untuk vaksinasi,” ungkap Dandim 0311 Pessel saat dihubungi.

Dandim 0311/ Pessel Letkol Inf. Moch Suherli sejak TNI khususnya Ko­dim 0311 Pessel dilibatkan dalam percepatan penanganan Pandemi Covid -19 dan percepatan pelaksanaan Vaksinasi telah mengintruksikan pada jajaran Koramil dan Babinsa turun ke bawah melaksanakan hal itu. Hal itu disepakati bersama saat melaksanakan Apel Siaga Percepatan Vaksinasi di Gedung PCC Painan.  (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top