Menu

Pemkab Pasaman Siapkan 1000 Orang Tahfiz

  Dibaca : 69 kali
Pemkab Pasaman Siapkan 1000 Orang Tahfiz
AKTIVITAS—Terlihat aktivitas pandok pesantren dalam suiatu keghiatan tahfiz Quran di Pasaman baru baru ini.

PASAMAN, METRO–Program untuk menciptakan paling sedikitnya 1000 orang Tahfiz (penghafal Al-Qur’an) di Kabupaten Pasaman akan dimulai pada awal bulan September Tahun 2021.

Setiap penghafal akan diberikan beasiswa sebanyak Rp 100 Ribu per bulannya. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Pasaman Sabar AS saat ditemui. Kamis (26/8).

Disebutkannya, program Tahfiz tersebut nantinya berlaku untuk semua jenjang pendidikan bagi siswa-siswi yang berbakat. Sementara target yang ditetapkan untuk siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) bisa hafal ayat Al-Qur’an sebanyak 5 Juz, untuk MTs dan SMP sebanyak 10 Juz sedangkan untuk ting­kat SMA atau Madrasah Aliyah se­banyak 15 Juz. “Untuk mempercepat tercapainya program 1000 orang peng­hafal Al-Qur’an tersebut diupayakan pada setiap Kejorongan minimal ada satu sekolah Tahfiz atau Rumah Tahfiz,” tambah Sabar.

Manfaat dari program Tahfiz ini kata dia, yakni sebagai benteng diri seperti kecanduan narkoba, minuman keras dan lainya.

Nantinya bagi siswa Tahfiz juga bisa melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi melalui jalur prestasi karena disetiap kampus ternama, seperti Universitas Indonesia ( UI), Universitas Gajah Mada ( UGM) maupun Institut Teknologi Bandung (ITB) dan kampus ternama lainya setiap tahun membuka lowongan bagi penghafal Al-Qur’an, untuk diterima sebagai mahasiswa undangan tampa tes dan dapat bea­siswa. (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional