Menu

Pemkab Pasaman Ingatkan Warga pada Hari Raya Kurban, Jangan Sembelih Sapi Betina Produktif

  Dibaca : 46 kali
Pemkab Pasaman Ingatkan Warga pada Hari Raya Kurban, Jangan Sembelih Sapi Betina Produktif
M Ali Ramdhani

PASAMAN, METRO–Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pasa­man melarang masyara­kat agar tidak menyem­belih sapi betina produktif untuk dijadikan hewan kur­ban menjelang atau saat hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

“Benar, kita melarang kepada masyarakat mau­pun para peternak sapi untuk tidak menyembelih sapi betina produktif ke­cuali sapi jantan untuk dijadikan hewan qurban pada saat menjelang hari raya atau hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah,” kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Pasaman, Romi Zuswandi.

Larangan tersebut se­suai aturan Undang-Un­dang Nomor 41 Tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan Pasal 18 Ayat (4).

Dikatakan, setiap orang dilarang menyembelih ter­nak ruminansia kecil betina produktif atau ternak rumi­nansia besar betina pro­duktif.

Ia menjelaskan, dalam realisasi larangan ini, pi­hak dinas juga melakukan pe­ngawasan dan pemerik­saan terhadap peternak sapi se­cara langsung oleh petugas sebelum pemoto­ngan dan sesudah pe­mo­tongan.

Termasuk kesehatan hewan dengan cara dibe­rikan obat cacing atau pengobatan lainya sebe­lum dilakukan penyem­belihan sapi.

Ia mengungkapkan sa­at ini dinas telah memiliki empat Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di em­pat  Kecamatan antara lain Puskeswan Rao, Pus­kes­wan Duo Koto, Puskeswan Lubuk Sikaping dan Pus­keswan Tigo Nagari.

Masing-masing Pus­keswan tersebut mem­pu­nyai dokter hewan serta perawat. “Selanjutnya kita akan melakukan sosialisasi tentang pelarangan pe­nyembelihan sapi betina produktif, cukup umur un­tuk hewan qurban diatas satu setengah tahun,” ujar­nya.

Sosialisasi kesejah­te­raan hewan artinya bagai­mana hewan qurban saat disembelih tidak dipaksa atau tidak secara siksaan, aman. “Setelah pemo­to­ngan sapi nantinya kita melakukan pemeriksaan daging itu layak tidak untuk dikonsumsi sampai hingga pengepakan ke dalam plas­tik,” kata dia (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional