Menu

Pemkab Pa­sa­man Barat Berikan 26 Unit Cultivator pada 35 Keltan 

  Dibaca : 43 kali
Pemkab Pa­sa­man Barat Berikan 26 Unit Cultivator pada 35 Keltan 
SERAHKAN—Bupati pasbar.H.hamsuardi serahkan kunci Handtraktor ke salah seorang pengurus kelompok tani kemarin.

PASBAR, METRO–Sebanyak 26, unit Cultivator alat mesin Pertanian, di serahkan oleh Peme­rintah Kabupaten Pa­sa­man Barat (Pasbar).  Ke­pada 35 kelompok tani (Kel­tan)  sebagai upaya me­ningkatkan produktifitas hasil pertanian di daerah itu.

Bupati Pasbar, H. Ham­suardi di Simpang Empat, mengatakan pihaknya me­nyerahkan bantuan itu se­bagai bentuk dukungan kepada petani untuk me­lengkapi sarana prasarana yang ada.

Menurutnya bantuan alat mesin pertanian itu terdiri dari 16 unit cultivator (pengolah tanah), 10 unit cornsheller (pemipil jagung), dua unit rice transplanter (alat penanam pa­di) dan tujuh unit traktor roda dua.

”Alat ini langsung kita serahkan kepada kelom­pok tani di seluruh ke­ca­matan yang ada di Pasa­man Barat,” katanya.
Ia mengatakan mesin per­tanian itu sangat dibu­tuhkan oleh para petani untuk mewujudkan keta­hanan pangan, serta me­ningkatkan kesejahteraan petani.

”Dengan adanya alat mesin pertanian ini diha­rapkan dapat mendorong petani dalam me­ning­kat­kan produktivitas perta­nian,” harapnya. Ia me­minta kepada penerima bantuan alat pertanian itu agar memanfaatkan dan merawat alat-alat per­ta­nian tersebut secara optimal.

”Kepada penerima ban­tuan alat itu, kami berharap agar ini dapat dimanfaat­kan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pro­duktifitas pertanian,” ka­tanya.

Ia menambahkan pe­merintah pusat maupun pemerintah daerah saat ini sedang gencar untuk me­ningkatkan kesejahteraan petani, apalagi dimasa pan­demi COVID-19 ini. ”Bantuan ini patut kita hargai dan syukuri, karena ini sangat bermanfaat ba­gi petani untuk memak­si­malkan hasil pertanian di Pasaman Barat,” sebut­nya.

Sementara Kepala Di­nas Tanaman Pangan Hol­tikultura dan Peternakan (TPHP) Pasbar, Sukarli menyampaikan, bantuan tersebut diberikan kepada kelompok tani di bawah binaan Dinas TPHP di se­luruh kecamatan yang ada di Pasaman Barat.

Ia menyebutkan bahwa bantuan alat pertanian ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian, yang telah diserahkan ke­pada Pemkab Pasbar.

Menurutnya bantuan tersebut diperoleh melalui proses yang cukup lama karena bersaing dengan kabupaten atau kota lain­nya. ”Mudah-mudahan pro­duktifitas pertanian da­pat meningkat baik hasil sawah, jagung dan tana­man lain­nya,” harapnya. (end)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional