Menu

Pemkab Padangpariaman Yakinkan Stok Beras Aman Hingga Usai Lebaran

  Dibaca : 179 kali
Pemkab Padangpariaman Yakinkan Stok Beras Aman Hingga Usai Lebaran
Pemkab Padangpariaman Yakinkan Stok Beras Aman Hingga Usai Lebaran

PDGPARIAMAN, METRO
Pemkab Padangpariaman, pastikan stok berasi atau ketersediaan pangan warga di daerah itu hingga tiga bulan ke depan atau hingga usai lebaran aman. Hal ini karena melihat potensi produksi beras mencapai 40.841 ton sedangkan konsumsi per bulan sekitar 4.050 ton.

“Kepastian itu karena kami melihat produksi padi di Padangpariaman pada Maret serta potensi produksi beras pada April dan Mei,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padangpariaman Yurisman Yakub, pekan lalu..

Dikatakan, pada Maret produksi beras di Padangpariaman mencapai 12.855 ton yang berasal dari 5.167 hektare luas panen di daerah itu. Lalu pada April luas panen gabah kering mencapai 5.073 hektare dengan potensi produksi beras 12.625 ton.

Lalu, lanjutnya pada Mei luas lahan panen gabah kering di Padang Pariaman mencapai 6.174 hektare dengan potensi produksi beras 15.361 ton.
“Jumlahnya bisa mencapai 40.841 ton yang berada di pengepul,” katanya.

Ia mengatakan agar beras tersebut tidak dibeli oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mengambil keuntungan maka pihaknya akan mengusulkan pembelian beras kepada Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Padang Pariaman.

“Langkah ini juga untuk persediaan pangan dari pemerintah daerah yang nantinya juga untuk warga Padang Pariaman,” ujarnya.

Beras yang dibeli oleh Pemkab Padang Pariaman itu ialah beras surplus.

Ia meminta petani dan pengepul juga tidak menjual beras seluruhnya namun menyimpannya untuk kepentingan konsumsi keluarga untuk dua hingga tiga bulan ke depan.

Ia pun juga meminta warga untuk tetap bertani atau produktif baik di ladang, kebun, atau sawah serta memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertani sebagai bentuk cadangan pangan namun tetap menjaga jarak dengan orang lainnya. “Setidaknya warga bisa bertanam tomat, cabai atau jenis lainnya, jadi persediaan makanan tetap ada,” sebutmya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional