Close

Pemkab Padangpariaman Persiapkan Acara Basapa dengan Prokes Ketat

RAPAT—Pemkab Padangpariaman menggelar rapat untuk persipan acara basapa dengan prokes ketat.

PDG.PARIAMAN, METRO–Masyarakat umat Islam khususnya di Kecamatan Ula­kan Tapakis, Kabupaten Padangpariaman, segera  melaksanakan basapa di sekitar lokasi Makam Syeh Burhanuddin. Kegiatan ter­sebut dilaksanakan 22 sampai 29 September 2021 deng­an prokes ketat. Umat islam dari luar Propinsi Sumatra Barat bakal datang untuk melaksanakan basapa yang dilaksanakan sekali setahun. Dalam hal tersebut Bupati Padangpariaman Suhatri Bur telah menyatakan kepada semua pihak dalam pelaksanaan basapa dengan pro­kes ketat.

Sebab, basapa adalah suatu upacara yang dilakukan oleh masyarakat muslim di Kabupaten Padangpariaman khususnya di Kecamatan Ulakan Tapakis setiap tahun. Kegiatan tersebut ada­lah tradisi beziarah ke makam ulama pengembang­an agama islam di Sumatra Barat.

Kenapa tidak, kegiatan utama yang dilakukan dalam tradisi ini adalah berziarah ke makam Syekh Burhanuddin, salah satu tokoh yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Suma­tera Barat pada masa peme­rintahan Kerajaan Pagaru­yung.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa sang ulama dalam upayanya me­nyebarkan agama Islam. Basapa dilakukan setiap bulan Safar dalam penanggalan kalender Islam atau Hijriah.

Basapa pada tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 29 September 2021 yang terpusat di Nagari Ulakan yang dikunjungi berbagai lapisan masyarakat Kabupaten Pa­dangpariaman dan dari berbagai daerah dalam Propinsi Sumatera Barat.

Dalam hal tersebut Pem­kab Padangpariaman diba­wah pimpinan Bupati Padangpariaman Suhatri Bur dan Wakilnya Rahmang telah melakukan tahapan tahapan dalam pelaksanaan basapa tersebut. “Semua pihak terkait kita kerahkan untuk pe­laksanaan basapa,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Kemudian Pemerintah Kabupaten Padangpariaman melalui OPD terkait serta dibantu oleh beberapa intansi vertikal telah melaksanakan rapat koordinasi kesiapan melaksanakan kegiatan basapa tahun 2021.

Sementara Pemkab Pa­dangpariaman melalui Asisten 1, Rudi Rahmad me­nyampaikan bahwa kegiatan basapa kali ini melihat level Padangpariaman yang berada di level II bisa dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. “Pada kegiatan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dunia saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19 tak terkecuali Kabupaten Padangpariaman. Kegiatan basapa kali ini akan dilaksa­nakan dengan prokes yang ketat, dan kita telah melakukan koordinasi dengan ber­bagai OPD terkait untuk me­laksanakan kegiatan basapa kali ini agar berjalan dengan aman serta nyaman bagi pengunjung yang datang,” ujarnya.

Mewakili Kadis Kesehatan Rina mengatakan, Dinkes telah menyiapkan posko kesehatan diberbagai titik, yakninya di depan makam syekh Burhanuddin merupakan posko utama yang disediakan oleh Dinkes untuk dan menyediakan test antigen serta rapid test guna  memastikan keamanan setiap pengunjung dalam melakukan kegiatan basapa tahun ini serta terhindar dari pe­nyebaran virus.

“Kita telah menyediakan posko di setiap titik masuk kawasan basapa guna me­lakukan screening kepada setiap pengunjung guna me­mastikan kemanan pe­ngun­jung, kita juga mengadakan tes antigen dan rapid test diposko utama yang akan be­roperasi 24 jam selama kegiatan berlangsung,” u­jar­nya.

Pada rapat koordinasi kesiapan melaksanakan kegiatan basapa tahun ini, bebe­rapa OPD terkait dan perwakilan dari Kepolisan dan Dandim 0308 Pariaman juga telah menyatakan kesiapan nya dalam mendukung ke­giatan basapa pada tahun ini. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top