Menu

Pemkab Padangpariaman Kebut Persiapan Penas Tani 2020

  Dibaca : 235 kali
Pemkab Padangpariaman Kebut Persiapan Penas Tani 2020
Pemkab Padangpariaman Kebut Persiapan Penas Tani 2020

PDG.PARIAMAN, METRO
Menjelang hari puncak penas tani 2020, Pemkab Padangpariaman mengekebut persiapan. Buktinya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang pariaman, Yurisman Yakub mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sekitar seribu rumah di Kecamatan Batang Anai sebagai pemondokan peserta Pekan Nasional Petani Nelayan (Penas Tani) 2020.

“Kami telah mengidentifikasi dan verifikasi rumah warga sebagai pemondokan peserta Panas Tani,” ungkap Yurisman Yakub.

Dikatakan, pemerintah provinsi meminta Pemkab Padangpariaman menyediakan pemondokan untuk sekitar 7.500 hingga 10.000 peserta maka pihaknya akan melaksanakan identifikasi tahap dua bersama Kontak Tani Nelayan Andalan kabupaten dan provinsi.

Ia menyampaikan jika rumah warga di Kecamatan Batang Anai tidak bisa lagi digunakan untuk pemondokan peserta Panas Tani maka pihaknya akan mengindentifikasi rumah warga di Kecamatan Lubuk Alung.

“Jika ini terjadi maka Dinas Perhubungan akan menyediakan transportasi ke lokasi Penas Tani di Asrama Haji di Kecamatan Batang Anai,” katanya.

Ia mengatakan rumah warga yang dijadikan pemondokan akan mendapatkan bayaran sewa sebesar Rp125 ribu perhari dari peserta dengan syarat pemilik rumah menyediakan sarapan pagi dan makan malam. “Hal itu akan berlangsung selama enam hari, mulai dari 20 hingga 25 Juni 2020,” katanya.

Pihaknya optimis dapat menyediakan rumah warga sebagai pemondokan peserta Penas Tani sesuai dengan permintaan. Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menyosialisasikan pelaksanaan Penas Tani 2020 kepada pemangku kepentingan di daerah itu.

“Kami ingin menyampaikan kepada pemangku kepentingan di Padang Pariaman bahwa akan diselenggarakan Penas Tani di sini yang lokasinya di Asrama Haji, Kecamatan Batang Anai,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman Yurisman Yakub pada sosialisasi Penas Tani di Parit Malintang.

Ia mengatakan Penas Tani tersebut akan dihadiri oleh sekitar 40 ribu hingga 50 ribu petani dan nelayan se-Indonesia. Selain itu, lanjutnya juga ada peninjau atau organisasi perangkat daerah masing-masing kabupaten dan kota yang berhubungan dengan kegiatan itu. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional