Menu

Pemkab Optimis Pasia Laweh Terbaik Nasional

  Dibaca : 70 kali
Pemkab Optimis Pasia Laweh Terbaik Nasional
SERAHKAN SK— Bupati Agam Andri Warman menyerahkan SK Gubernur penunjukan Nagari Pasie Laweh mewakili Sumbar ke lomba Kelurahan/Nagari terbaik kepada wali nagari.

AGAM, METRO–Dimasa pademi Covid-19, Pemkab Agam optimis Nagari Pasia Laweh, Keca­matan Palupuah, jadi ter­baik lomba Desa atau Na­gari dan Kelurahan tingkat Nasional 2021. Nagari Pasia Laweh dipercaya mewakili Sumbar pada lomba ini, setelah keluarnya SK Gu­bernur Sumbar tentang penetapan Pasia Laweh sebagai nagari terbaik ting­kat provinsi, yang telah diserahkan kepada Bupati Agam, Andri Warman dan diteruskan ke Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin, di aula Kantor Bupati Agam, Senin (12/7).

Bupati Agam, Andri Warman menyebutkan, pada lomba nagari tingkat Sumbar, Nagari Pasia La­weh memperoleh nilai ter­tinggi, karena sesuai kon­disi di tengah pandemi Pasia Laweh miliki ber­bagai inovasi yang kuat dalam menangani wabah ini.

Selain itu, bagaimana ekonomi masyarakatnya bangkit di tengah pandemi ini,” ujarnya. Sesuai lomba yang digelar tahun ini, tema yang diangkat bagai­mana nagari bangkit, maju dan sejahtera di masa pan­demi Covid-19, serta kepiawaian wali nagari yang dibantu tokoh masya­rakat dalam memutus ma­ta rantai Covid-19.

“Ini jadi motivasi bagi kita untuk mengikuti peni­laian tingkat nasional. Kita yakin dan optimis Pasia Laweh bisa jadi terbaik dengan inovasi yang dimili­kinya,” sebut Andri.

Dengan begitu, pihak­nya mensupport penuh Nagari Pasia Laweh me­ngikuti kompetisi ini, kare­na ini merupakan suatu kebanggaan bagi Pemkab Agam khususnya Nagari Pasia Laweh.

Menurut bupati, lomba ini tidak hanya sekedar cari juara, tapi juga ajang mengevaluasi sejauh­mana nagari sudah melak­sana­kan penyelenggaraan pe­me­rintahan di nagari, se­hingga dapat diketahui mana yang perlu diting­katkan, dikembangkan, di­sem­purnakan dan lain­nya.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan tim Sum­bar, Nagari Pasia Laweh miliki berbagai keung­gu­lan, diantaranya secara umum telah memenuhi semua kelengkapan data yang dipersyaratkan ber­da­sarkan surat Mendagri nomor 414.4/0838/BPD ten­tang petunjuk pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tahun 2021.

Sementara itu, Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin mengatakan, pihak­nya yang nanti juga akan dibimbing Pemkab Agam dan Pemprov Sumbar, a­kan berupaya semaksimal mungkin untuk mematang­kan persiapan lomba ting­kat nasional tersebut.

“Kita optimis dengan inovasi kebijakan berkaitan penanganan Covid-19, a­kan mengantarkan Pasia Laweh jadi terbaik di na­sional. Karena ini juga jadi tolak ukur penilaian pada lomba desa dan kelurahan berprestasi tahun ini,” tu­kas Andri.

Terkait penangan Co­vid-19, pihaknya menye­diakan rumah isolasi man­diri bagi warga yang ter­papar atau setelah mela­kukan test swab, serta berkolaborasi dengan ka­um atau ninik mamak da­lam penanganan Covid-19 dan lainnya.

Dikatakan, jadwal peni­laian tidak diberitahukan secara formal, tapi dila­kukan secara dadakan atau sifatnya rahasia, sehingga persiapan harus matang untuk menghadapi lomba ini. (pry) 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional