Menu

Pemkab MoU dengan UIN Imam Bonjol Padang

  Dibaca : 223 kali
Pemkab MoU dengan UIN Imam Bonjol Padang
TEKEN MoU—Kakankemenag Tanahdatar menandatangani MoU dengan para pihak.

TANAHDATAR, METRO–Kantor Kemenag Kabu­paten Tanah Datar bertin­dak selaku fasilitator dalam pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk 27 Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat SD dan SMP (sekolah umum) di Tanah Datar.

Kegiatan PPG tersebut terlaksana atas kerjasama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dengan Pemda/Dikbud  Ka­bu­paten Tanah Datar ditan­dai dengan pena­n­datanga­nan kerjasama (MoU) an­tara pihak Pemda Tanah Datar dengan pihak UIN Imam Bonjol Padang dalam pertemuan dengan 27 orang guru yg mengikuti PPG tersebut di aula Kemenag Senin (24/5).

Hadir dalam acara pe­nan­datanganan kerjasama Pemda Tanah Datar de­ngan UIN Imam Bonjol Padang itu Rektor UIN Imam Bonjol Padang di­wakili Dekan Fakultas Tar­biyah Dr.Zulheldi, Ka Kan­wil Kemenag Sumbar di­wakili Kasi Pendidikan Aga­ma Islam tingkat mene­ngah H. Hendri Panidias dan Kasi Pendidikan Dasar  Syafrizal,  Kadis Pendidikan dan Kebudayaan diwakili Kabid Ketenagaan dan Pro­gram Ali Asmar dan Ka Kankemenag Tanah Datar diwakili Kasubbag TU H. Yusmarli.

Dalam kesepakatan ker­ja­sama itu semua biaya pelaksanaan PPG bagi 27 orang guru Agama itu dibiayai melalui dana AP­BD Pemda Tanah Datar dengan total jumlah dana­nya Rp135 juta . Semen­tara  untuk tenaga pembim­bing PPG dilaksanakan oleh UIN Imam Bonjol Padang.

Dari dana APBD Pemda Tanah Datar sebesar  Rp135 juta tersebut masing masing guru Agama Pais itu memperoleh dana PPG sebesar Rp5 juta.

Menurut laporan Kasi Pais Kantor Kemenag Ka­bu­paten Tanah Datar H. Muhammad Algafari men­je­laskan tujuan dilak­sana­kan PPG bagi 27 guru A­gama Islam pada seko­lah umum itu ialah untuk me­ningkatkan profesional para guru PAI tingkat SD dan SMP di Kabupaten Ta­nah Datar, sehingga mere­ka memperoleh sertifikat sebagai guru sertifikasi dan berhak untuk men­dapat­kan tunjangan sertifikasi guru.

Dia menambahkan un­tuk pelaksanaan Pendi­dikan Profesi Guru (PPG) guru PAI   tingkat SMA dan SMK sesuai kewenangan dipasilitasi  oleh Kanwil Kemenag Prov. Sumbar melalui dana APBN.

Pelaksanaan PPG pada tahun 2021 ini untuk daerah Provinsi Sumatera Barat ada tiga daerah Kabupaten yang dibiayai melalui dana APBD masing-masing dae­rah,  diantaranya Kabu­paten Tanah Datar diikuti 27 orang guru PAI, Kabupaten Dharmasraya 48 orang guru PAI dan Kabupaten Solok Selatan sebanyak 24 orang guru PAI.

Pertemuan kegiatan PPG tersebut digelar de­ngan selalu mematuhi Pro­tokol Kesehatan (Prokes) 3M (memakai masker, mencuci tangan dan men­jaga jarak). (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional