Menu

Pemkab Konsen Berdayakan Berbagai Potensi

  Dibaca : 636 kali
Pemkab Konsen Berdayakan Berbagai Potensi
BERKOORDINASI—Kadis Perdagangan dan Perindustrian Roslaini tampak tengah berkoordinasi dengan Wakil Bupati Suhatri Bur.

PDG.PARIAMAN, METRO – Program Rapat Koordinasi Produktivitas yang digelar jajaran Dinas Koperindag dan UMKM Padangpariaman,  kemarin, bertempat di Hall BLK Padangpariaman disambut antusias oleh ratusan peserta yang hadir. Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain, jajaran walinagari, camat, jajaran OPD terkait serta tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur yang bertindak membuka kegiatan rakor tersebut dalam arahannya menyebutkan, pihaknya dari jajaran Pemkab Padangpariaman sejauh ini sangat konsen dalam memberdayakan berbagai potensi yang ada di lingkungan nagari-nagari di Kabupaten Padangpariaman.

Dan terbukti sebutnya, sejauh ini hasilnya terbilang cukup menggembirakan.

“Salah satunya bisa dilihat dari Produk Domistik Regional Bruto kita di Padangpariaman yang mencapai lebih dari 70 persen. Ini tentunya menunjukkan sebuah pencapaian yang sangat menggembirakan,” terangnya.

Bebeberapa pencapaian positif lainnya sebut figur yang digadang-gadang sebagai calon kuat Bupati Padangpariaman ini juga terlihat dari penurunan angka pengangguran atau angka kemiskinan yang ada di Padangpariaman.

Terbukti  pada tahun 2017 lalu angka pengangguran di daerah ini berkisar 7,22 persen, dan selanjutnya berhasil penurun secara drastis pada tahun 2019 yang jumlahnya hanya berkisar 5,27 persen. Demikian pula pencapaian Indeks IPM Padangpariaman yang mencapai 68,90 persen.

“Tentunya dengan realitas dan kenyataan seperti itu kita berharap agar ke depannya berbagai potensi yang ada di nagari-nagari, baik itu  potensi bidang pariwisata, ekonomi, petanian, peternakan perikanan dan sebagianya, tentu juga tidak terlepas pula dari program  dinas pendidikan, dinas kesehatan dan lain-lain. Karena seperti diketahui program apapun namanya baru akan bisa dilaksanakan kalau masyarakatnya telah sehat. Begitu pula juga kita akan lebih mudah dalam  menjalankan berbagai program yang ada, jika pendidikan masyarakatnya telah memadai,” terangnya.

Demikian pula dengan hadirnya berbagai  program pelatihan yang diprogramkan pemerintah, ke depannya tentu perlu dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh nagari yang ada, sehingga dengan begitu dampaknya akan lebih positif lagi dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM yang ada di masing-masing nagari.

Senada dengan itu diakui Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Pemkab Padangpariaman, Dewi Roslaini, bahwa raket yang digelar ini terutama dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih sekaligus untuk lebih meningkatkan kesadaran  semua pihak terkait tentang perlunya meningkatkan tingkat produktivitas SDM yang ada di nagari-nagari.

“Karena itulah  melalui kegiatan ini kita tentunya ingin mengajak semua jajaran dan pihak terkait yang ada, terutama kalangan walinagari, agar nantinya mereka bisa lebih bersikap aktif  dalam memberdayakan berbagai potensi yang ada di nagari, terutama potensi SDM. Dan seperti diketahui sejauh ini cukup banyak program pelatihan yang ditawarkan kepada masing-masing nagari, namun sejauh ini hal itu belum sepenuhnya mendapatkan respon seperti diharapkan. Terbbukti jumlah peserta yang mengikutinya selama ini terbilang masih terbatas sekali,” terangnya.

Untuk itulah ke depan menurut mantan Kepala Inspektorat Pemkab Padangpariaman ini, para walinagari diharapkan bisa lebih proaktif memanfaatkan berbagai peluang dan kesempatan yang disediakan pemerintah, sehingga dengan begitu dampaknya diharapkan bisa lebih mendorong peningkatan produktivitas, sekaligus bisa lebih memacu serta meningkatkan sektor ekonomi yang ada di tengah kehidupan masyarakat yang ada di nagari. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional