Menu

Pemkab Dharmasraya Turunkan 26 Tim Ramadhan, Prioritaskan Pemulihan Ekonomi dan Vaksinasi

  Dibaca : 122 kali
Pemkab Dharmasraya Turunkan 26 Tim Ramadhan, Prioritaskan Pemulihan Ekonomi dan Vaksinasi
TIM SAFARI RAMADHAN— Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyerahkan bantuan Tim Safari Ramadhan Pemkab Dharmasraya kepada pengurus Masjid Nailul Khairat Nagari Sikabau.

DHARMASRAYA, METRO
Setelah mendapatkan izin pelaksanaan shalat tarawih pada Ramadhan 1442 Hijriah, berbagai kegiatan keagamaan mulai dilaksanakan di beberapa masjid dan mushalla di Kabupaten Dharmasraya, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Tak hanya itu, kegiatan rutin Safari Ramadhan yang dilaksanakan pemerintah daerah yang sempat terhenti pada 2020 lalu, telah kembali dilaksanakan di 26 nagari daei 52 nagari yang ada di Kabupaten Dharmasraya, Senin malam (19/4) dan dilanjutkan kembali, Rabu (21/4) ke 26 nagari.

Sebanyak 26 Tim Safari Ramadhan 1442 Hijriyah yang diterjunkan Pemkab Dharmasraya disebar untuk ke semua nagari yang ada di Dharmasraya. Tim 1 yang dipimpin Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Forkopimda dan beberapa kepala dinas, Tim 2 dipimpin Wakil Bupati, Dasril Panin Dt. Labuan dan rombongan, Tim 3 dipimpin Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, SH dan Tim 4 dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Adlisman dan seterusnya.

Sementata itu, Tim 1 Safari Ramadhan yang dipimpin langsung Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengawali kunjungan safari Ramadhan di Masjid Nailul Khairat Jorong Bukit Barangan Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung, Senin (19/4).

Kedatangan Tim I Safari Ramadhan Kabupaten Dharmasraya yang terdiri dari Bupati, Forkopimda, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Perbankan ini disambut Camat, Wali Nagari Sikabau, serta ninik mamak dan tokoh masyarakat setempat. Rombongan kemudian dijamu buka puasa bersama di Rumah Gadang Suku Melayu Nagari Sikabau.

Usai buka puasa bersama, bupati beserta rombongan lanjut menunaikan ibadah shalat maghrib, isya dan tarawih dengan masyarakat setempat. Bupati mengucapkan terimakasih atas sambutan dan jamuan masyarakat Nagari Sikabau terhadap kunjungan dirinya beserta rombongan.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur masih diberi nikmat kesehatan oleh Allah berjumpa dengan Ramadhan. Mari kita manfaatkan untuk memperbanyak ibadah di bulan suci ini,” ujar Sutan Riska.

Pada kesempatan itu, Bupati berpesan kepada masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, karena pandemi belum berakhir.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengungkapkan bahwa vaksin covid-19 di Kabupaten Dharmasraya secara bertahap sudah didistribusikan kepada masyarakat.

Hal ini sudah sesuai arahan Presiden pada saat rakor pemerintahan daerah. Oleh karena itu, Bupati terus menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dharmasraya untuk dapat terus menerapkan protokol kesehatan. Dengan cara tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Bupati menjelaskan, bahwa kasus covid 19 sebelum dilaksanakan vaksinasi jumlah kasusnya mencapai 14.000 perhari. Setelah dilaksanakan vaksinasi kasus covid 19 terjadi penurunan, yakni menjadi 6.000 kasus perhari.

“Target pelaksanaan vaksinasi secara nasional sampai bulan Juli 2021 sebanyak 70 juta orang. Khusus untuk Kabupaten Dharmasraya vaksinasi dilaksanakan mulai tanggal 1 Februari 2021, dengan sasaran pejabat publik, tenaga kesehatan, pelayanan publik dan lansia yang tersebar di 52 nagari di Kabupaten Dharmasraya,” ungkap Bupati.

Kondisi pertanggal 15 April 2021 yang sudah di vaksin sebanyak 4.154 orang.
“Target kita sampai bulan Juli khusus Dharmasraya sebanyak 27.648 orang,” kata Bupati.

Dengan dilakukan vaksin covid 19 di Kabupaten Dharmasraya terjadi penurunan kasus, dari 99 kasus di bulan Januari menjadi 28 kasus di bulan Februari. Sementara di bulan Maret menjadi 47 kasus komulatif covid 19 Kabupaten Dharmasraya berjumlah 655 kasus.
“Harapan kami kepada seluruh masyarakat agar tidak ragu dan tidak cemas untuk menerima vaksin covid 19, karena vaksin itu aman dan halal berdasarkan keterangam dari BPOM dan MUI. Kondisi saat ini kita fokus kepada pelayan publik dan lansia. Selanjutnya secara bertahap seluruh masyarakat Dharmasraya juga akan diberikan vaksin covid 19,” harap Sutan Riska
Dalam kondisi pandemi, kata bupati, kita tidak hanya dihadapkan pada masalah kesehatan, namun juga masalah ekonomi, yang keduanya harus diselesaikan dalam waktu bersamaan. Untuk itu, lanjutnya, Pemerintah telah melakukan upaya pemulihan ekonomi masyarakat dan menganjurkan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.
“Kita berdoa kepada Allah agar pandemi ini cepat berlalu,” ujar Sutan Riska.
Usai memberi kata sambutan, Bupati Sutan Riska juga menyerahkan bantuan untuk Masjid Nailul Khairat berupa uang senilai Rp 10 juta, 1 tikar sholat, 10 Alqur’an dan masker. Selain itu, juga ada bantuan dari dari Bank Nagari senilai Rp 3 juta.
Setelah penyerahan bantuan kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan Kepala Kantor Kemenag Dharmasraya, Abdel Haq, kemudian sholat tarawih. (gus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional