Menu

Pemkab Bahas Pelaksanaan Pilkada dengan Menkopolhukam

  Dibaca : 82 kali
Pemkab Bahas Pelaksanaan Pilkada dengan Menkopolhukam
Ilustrasi

SOLOK, MERO
Pemkab Solok mengikuti video conference (Vidcon) dengan Menkopolhukam RI membahas persiapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020, di Rumah Dinas Bupati Solok Guest House Arosuka, Rabu kemarin. Vidcon tersebut dipimpin langsung Bupati Solok Gusmal.

Pada saat pelaksanaan vidcon tersebut, terdapat beberapa kesimpulan, Kemudian kesimpulan tersebut disampaikan Menkopolhukam bahwa perlu mesosialisasikan peraturan Bawaslu No. 4 /2020 yang dikaitkan dengan Inpres No. 6/2020. Menyangkut dengan penjatuhan sanksi terhadap pelanggar, maka ada sifatnya administratif dengan melakukan pendekatan persuasif kepada para pelanggar khususnya dan kepada masyarakat pada umumnya.

Untuk hukuman pidana yang akan dijatuhkan kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, merupakan pilihan akhir bagi dalam menegakan disiplin protokol kesehatan nantinya. Untuk itu, diminta kepada pihak-pihak terkait agar menpedomani undang-undang yang sudah ada saat berada dilapangan, khusunya dalam menegakan disiplin protokol kesehatan. Diminta juga kepada KPU dan Bawaslu untuk segera mengumpulkan para kontestan dan tim pemenang Parpol di daerah-daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada untuk menegaskan pelaksanaan peraturan yang menyangkut protokol kesehatan dengan berbagai konsekuensinya.

Menkopolhukam berharap kepada pihak penegak hukum, agar pada setiap rapat-rapat koordinasi Forkopimda juga terus ikut menghadiri rapat tersebut. Diingatkan juga, bahwa akan ada moment-moment tertentu yang akan memancing hadirnya masa.

Teknis pelaksanaan Pilkada nantinya, agar terus dikoordinasikan dengan KPUD atau KPU yang sesuai dengan tingkatan di daerah dengan didampingi Bawaslu. Sedangkan hal yang menyangkut dengan pengamanan Pilkada nanti penegakan disiplin dan hukum akan dikoordinasikan dengan Kapolda, Kapolres ditingkat daerah masing-masing. (*/vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional