Close

Pemkab Agam Seminarkan Peringatan Perang Manggopoh ke-144

Pemkab Agam melalui Dinas Sosial menggelar seminar Perang Manggopoh dalam peringatan ke-114 tahun Perang Manggopoh di Kantor Camat Lubuk Basung, Selasa (7/6).

AGAM, METRO–Pemkab Agam melalui Dinas Sosial menggelar seminar Perang Manggopoh dalam peringatan ke-114 tahun Perang Manggopoh di Kantor Camat Lubuk Basung, Selasa (7/6).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Artati SSTP MSi me­ngatakan, seminar yang diikuti sebanyak 75 peserta itu digelar dalam peringatan Perang Manggopoh yang dilaksa­nakan 15 Juni mendatang. “Menjelang peringatan Pe­rang Manggopoh 15 Juni mendatang, maka digelar beberapa rangkaian kegiatan yang diawali dengan seminar ini,” ujar Rahmi.

Disampaikan Rahmi, seminar yang menghadirkan sejumlah akademisi dan praktisi itu bertujuan sebagai sarana publikasi dan so­sialisasi peringatan Perang Manggopoh.

“Selanjutnya melalui seminar ini diharapkan dapat menggali dan menambah referensi perang manggo­poh dan mengusulkan pahlawan nasional asal manggo­poh,” kata Rahmi.

Adapun sasaran yang ingin dicapai melalui seminar yakni terwujudnya persamaan presepsi tentang sejarah pejuang kemerdekaan, memahami makna dan semangat kepahlawanan.

Bupati Agam melalui Staf Ahli Sumber Daya Manusia (SDM) , Ariyati mengatakan, peristiwa yang telah terukir dalam lembaran sejarah perjuangan bangsa, yakni Perang Manggopoh yang terjadi pada tanggal 15 Juni 1908.

Satu sosok pahlawan yang pa­ling mengemuka dari perang Manggopoh adalah Mandeh Siti Manggopoh. Mandeh Siti secara fisik langsung menyerang bala tentara penjajah. “Beliau berjuang dengan sekuat tenaga dan pikiran memerangi penjajah ketika itu,” ulas Ariyati.

Pihaknya mengajak kita semua agar melalui Seminar Perang Manggopoh ini kita jadikan sebagai titik balik untuk mengukur sejauh mana kita memaknai nilai-nilai dan semangat pejuang Perang Manggo­poh. “Peristiwa Perang Manggo­poh memberikan pelajaran bagi kita semua bagaimana kebersamaan diwujudkan tanpa memandang latar belakang dan perbedaan,” kata Ariyati. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top