Menu

Pemkab Agam Gelar Rakor Tingkatkan Kapasitas KP-SPAMS

  Dibaca : 59 kali
Pemkab Agam Gelar Rakor Tingkatkan Kapasitas KP-SPAMS
RAKOR—Pemkab Agam menggelar rapat koordinasi dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia KP-SPAMS.

AGAM, METRO–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam melalui Dinas Pemberdayaan Ma­sya­rakat Nagari (DPMN) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) untuk pe­ning­katan kapasitas Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS), Selasa (7/9).

Rakor yang diikuti 73 peserta itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas ke­lembagaan KP-SPAMS, sebagai pengelola sarana penyediaan air minum hasil kegiatan Pamsimas.

Kepala Bidang Bina Ma­syarakat Nagari DPMN Agam, Ir Deswita menyebutkan, salah satu kebutuhan esensial masyarakat yang harus dipenuhi adalah air minum atau air bersih dan sanitasi. “KP-SPAMS sebagai lembaga masya­rakat di tingkat nagari yang dibentuk untuk me­nge­lola penyediaan air minum berbasis masyarakat, kami nilai perlu untuk d­i­tingkatkan kapasitasnya dan didorong kemandiriannya,” ujar Deswita.

Dipaparkan Deswita, kegiatan yang berlangsung bertujuan untuk mening­katkan kapasitas KP-SPA­MS secara bertahap. Lalu meningkatkan kemitraan KP-SPAMS dengan lembaga nagari lainya, seperti Bumnag. “Tujuan selanjutnya, semoga rakor ini ma­kin meningkatkan koordinasi KP-SPAMS dengan pemerintah,” sebut Deswita.

Pada rakor peningka­taan kapasitas kelemba­gaan ini ulasnya, juga dihadirkan sejumlah narasumber berkompeten, seperti dinas terkait, DC Pamsimas Kabupaten Agam, fasilitator senior Pamsimas dan tenaga ahli P3MD Kabupa­ten Agam. “Rakor ini diselenggarakan dengan pembiayaan dari APBD Kabupaten Agam melalui Sub Kegiatan Fasilitasi Pe­ngem­bangan Usaha Eko­nomi Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa,” kata Deswita.

Sementara, Kepala DP­MN, Drs Asril MM mengatakan, pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat a­kan air minum atau air bersih yang layak sangat tergantung kepada kinerja KP-SPAMS. Untuk itu, pemerin­tah nagari akan memberi perhatian kepada kelompok pengelola air minum itu.

“Kegiatan penyediaan air minum dan sanitasi harus diperkuat agar lebih maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsi. Pe­ngua­tan yang dimaksud adalah penguatan segi kapasitas pengurus, perencanaan, regulasi dan ke­lembagaan itu sendiri,” terang Asril.

Di samping itu imbuhnya, pengurus KP-SPAMS diharapkan mempunyai hubungan emosional yang dekat dengan wali nagari. Hal itu bertujuan untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi keberlanjutan pengelolaan SPAMS yang sudah ada di nagari.

“Untuk itu pelatihan dalam rakor yang digelar kali ini, kami berharap peserta dapat mengikutinya dengan serius, silahkan diskusikan dan serap segala pengetahuan yang di­bagikan oleh narasumber, sehingga bisa dicarikan solusinya secara bertahap,” ujar Asril. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional