Menu

Pemkab Agam -ADKI bakal Kembangkan Desa Kreatif

  Dibaca : 102 kali
Pemkab Agam -ADKI bakal Kembangkan Desa Kreatif
KESEPAKATAN— Bupati Agam Andri Warman memperlihatkan bukti MoU antara Pemkab Agam dengan ADKI, untuk pengembangan Desa Kreatif Terpadu di Agam.

AGAM, METRO–Bupati Agam, Andri Warman menandatangani kesepakatan bersama (M­oU) antara Pemkab Agam dengan Asosiasi Desa Krea­tif Indonesia (ADKI), terkait pengembangan de­sa kreatif terpadu di Ka­bupaten Agam di Hotel Ma­ninjau Indah, Sabtu (24/7).

Ketua ADKI Sumbar, Deni Asra mengatakan, ADKI merupakan Asosiasi yang bergerak di bidang ekonomi kreatif. Di tengah pandemi saat ini, ekonomi kreatif menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan perekonomian ma­sya­ra­kat.

Menurutnya, desa kre­a­tif mampu untuk meng­gerakkan perekonomian dan meningkatkan kese­jahteraan masyarakat. “Un­tuk mengembangkan desa kreatif di Kabupaten Agam, kami akan mem­berikan pendampingan, pembinaan dan pelatihan kepada SDM yang ada di Kabupaten Agam, sehing­ga nantinya masyarakat bisa menggali potensi yang ada di daerahnya,” ujar Deni Asra.

Dijelaskan, pihaknya berencana akan mem­ba­ngun 100 desa kreatif di Sumatera Barat, termasuk salah satunya Kabupaten Agam. Sehingga bakal me­wujudkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Bupati Agam Andri War­man memberikan a­pre­siasi kepada Ketua A­DKI Sumbar, yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam kegiatan ter­sebut.“Bagi kami, keha­diran ADKI di Agam, ada­lah pertanda Kabupaten Agam akan memunculkan inovasi-inovasi melalui de­sa kreatif,” ujar bupati.

Dikatakan, dengan ada­nya MoU ini, pihaknya ber­harap kepada ADKI Sum­bar, untuk memberikan pendampingan kepada ma­sya­r­akat, sampai ma­syarakat Kabupaten A­gam, khususnya Keca­ma­tan Tanjung Raya, bisa mandiri dan nyaman mela­kukan usahanya sendiri.

“Fokus kegiatan ini nan­tinya adalah, untuk menciptakan nagari yang kreatif, karena di Agam sendiri memiliki banyak potensi yang dapat dikem­bangkan. Oleh sebab itu, kegiatan ini sangat cocok untuk menggerakkan se­mua potensi tersebut me­lalui penggalian kreativitas masyarakat. Sehingga nan­tinya terbentuk keter­paduan yang unik, punya nilai jual, daya tarik, dan yang pastinya akan mem­bantu perekonomian ma­syarakat itu sendiri,” ujar Andri. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional