Menu

Pemilu Disosialisasikan kepada Pemilih Pemula

  Dibaca : 49 kali
Pemilu Disosialisasikan kepada Pemilih Pemula
SOSIALISASI— Komisioner Duvisi Teknis KPU Yasrul memberikan pemahaman kepada pelajar yang sudah mempunyai hak pilih.

BUKITTINGGI, METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi bekerjasama dengan Relawan Demokrasi Basis Pemilih Pemula mengadakan, pendidikan pemilih di SMAN 4 Bukittinggi. Pendidikan Pemilih yang diikuti sekitar 400 orang siswa Klas XII SMAN 4 Bukittinggi itu diadakan di Aula SMAN 4, Sabtu (9/2).

Komisioner Duvisi Teknis KPU Yasrul menjelaskan, pendidikan pemilih yang diadakan bekerjasama dengan Relawan Demokrasi basis pemilih pemula ini, dilaksanakan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula guna menyongsong Pemilu serentak 2019.

“Pendidikan Pemilih tersebut lebih ditekankan kepada siswa yang pada tanggal 17 April 2019 mendatang, usianya sudah mencapai 17 tahun untuk dapat menggunakan hak pilihnya,” jelas Yasrul.

Menurutnya, sesuai ketentuan Undang Undang Pemilu, ada beberapa materi yang disampaikan. Diantaranya, agar pemilih pemula mencermati DPT (Daftar Pe milih Tetap) di kelurahan masing masing.

“Apakah sudah terdaftar atau belum. Mengingatkan pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya tanggal 17 April mendatang,” ungkapnya.

Selanjutnya, mengingatkan Pemilih Pemula untuk mencermati DCT (Daftar Calon Tetap) dari jauh jauh hari guna menentukan pilihan dihari pemilihan nanti. Mengimbau kepada siswa untuk tidak terlibat dalam kampanye pemilu dengan berpakaian sekolah. Memperkenalkan warna dan jenis surat suara yang digunakan dalam Pemilu 2019.

“Kemudian, juga dijelaskan proses pemilihan di TPS untuk mencoblos surat suara secara sah. Dan Mengajak pemilih pemula untuk sama sama mensukseskan pemilu 2019 dapat berjalan aman dan lancar,” ujar Yasrul.

Dalam Pendidikan Pemilih yang diadakan KPU bersama Relawan Demokrasi basis Pemilih Pemula itu, selain dihadiri Divisi Teknis KPU, Yasrul, juga dihadiri Kasubag Teknis KPU, Beni Mustika beserta Staff Teknis KPU dan 5 orang Relawan Demokrasi Basis Pemilih Pemula.

Kegiatan yang juga dihadiri jajaran SMAN 4 itu, diikuti para siswa dengan sangat antusias. Apalagi diakhir kegiatan KPU membagikan doorprize bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang dilemparkan KPU. (cr8)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional